Aston Villa 2-4 Arsenal: The Gunners Balik ke Puncak

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 18 Februari 2023
Aston Villa 2-4 Arsenal: The Gunners Balik ke Puncak
Selebrasi gol Arsenal (premierleague)

BolaSkor.com - Sepasang gol di pengujung laga memastikan Arsenal memetik tiga poin dari markas Aston Villa, Villa Park, Sabtu (18/2) malam WIB. Arsenal menang 4-2 lewat gol-gol yang dicetak Bukayo Saka pada menit ke-16, Oleksandr Zinchenko (61), bunuh diri Emi Martinez (90+3), dan Gabriel Martinelli (90+8).

Aston Villa melakukan lima perubahan dengan memainkan Matty Cash, Tyrone Mings, Alex Moreno, John McGinn, dan Philippe Coutinho. Sedangkan Arsenal melakukan dua perubahan darr tim yang dibekuk Manchester City. Mike Arteta kali ini menampilkan Ben White dan Leandro Trossard.

Tuan rumah mengawali laga dengan begitu baik. Meski sempat tertekan, Aston Villa mampu mencetak gol lewat sepakan terarah pertama di laga ini. Adalah Ollie Watkins yang mampu membawa Villa unggul saat laga baru bergulir lima menit lewat serangan balik.

Baca Juga:

Premier League: Liverpool Punya Peluang Masuk Empat Besar jika Kalahkan Newcastle United

Arsenal Ingin Bajak Marcus Rashford

Balas Haters yang Ingin Jatuhkan Manchester City, Pep Guardiola Sindir Legenda Liverpool

Menerima umpan Matty Cash di sisi kanan pertahanan Arsenal, Watkins yang dibayangi William Saliba melepaskan sepakan mendatar ke pojok kiri bawah gawang tim tamu.

Namun, keunggulan tim tuan rumah buyar pada menit ke-16. Bukayo Saka sukses mencetak gol dan membawa The Gunners menyamakan kedudukan.

Saka melepaskan sepakan first time saat menyambut bola rebound hasil sundulan Tyrone Mings dari dalam kotak penalti.

Gol Arsenal ini mengubah jalannya permainan. Sempat berjalan terbuka dan dengan tempo cepat, permainan sedikit melambat pada pertengahan babak pertama.

The Gunners mulai mengendalikan permainan dengan penguasaan bola. Sedangkan tim tuan rumah berusaha untuk menebar ancaman lewat serangan balik.

Meski mayoritas menerima tekanan, Villa justru mampu kembali mencatatkan keunggulan dengan sebuah bangunan serangan rapi pada menit ke-31. Bangunan serangan Villa diselesaikan lewat sepakan mendatar Phillipe Coutinho.

Pada sisa babak pertama, Arsenal masih kesulitan untuk bisa mencetak gol penyeimbang meski unggul penguasaan bola hingga 64 persen.

Di babak kedua, Arsenal masih menguasai permainan dan terus menekan tuan rumah. Sementara Villa tatap menjaga soliditas pertahanan sehingga sulit ditembus Arsenal.

Pada menit ke-56, tekanan Arsenal nyaris membuahkan gol penyeimbang. Namun, bola tandukan Eddie Nketiah hanya menghantam mistar gawang Villa.

Usaha Arsenal akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-61. Lewat skema sepakan sudut, Saka melepaskan umpan pendek kepada Odegaard yang meneruskan kepada Zinchenko. Mantan pemain Manchester City itu langsung menyambar umpan Odegaard lewat sepakan keras mendatar yang menembus gawang Villa. Skor imbang 2-2.

Arsenal benar-benar dominan di babak kedua. Hingga menit ke-70, pasukan The Gunners sudah melepaskan 10 tembakan, sementara tuan rumah nihil.

Tembakan ke sasaran pertama Villa di babak kedua baru datang pada menit ke-76. Namun usaha McGinn masih terlalu mudah dijinakkan Aaron Ramsdale.

Selang satu menit kemudian, Arsenal membuang peluang emas untuk berbalik unggul. Namun Odegaard yang berdiri bebas di depan gawang Villa gagal mengubah peluang menjadi gol. Bola sepakannya melenceng dari sasaran.

Pada menit ke-81, giliran Aston Villa yang nyaris unggul. Lewat serangan cepat, Bailey melesat untuk menembus kotak penalti Arsenal. Sayang, bola sepakan kerasnya hanya menghantam mistar gawang.

Lima menit kemudian, giliran Arsenal yang mendapatkan peluang lewat Saka. Namun bola tendangan penyerang muda Inggris itu masih bisa diamankan Martinez.

Tekanan bergelombang Arsenal akhirnya menuai hasil pada menit ke-93. Bola sepakan keras Jorginho membentur mistar, namun kemudian mengenai badan Martinez dan masuk ke dalam gawang. Arsenal unggul 3-2.

The Gunners memantabkan kemenangan lima menit kemudian lewat Martinelli. Gol berawal dari sepak pojok Villa di mana sang kiper ikut menyerang. Namun, bola sepak pojok mampu dihalau dan diterima Martinelli yang berlari kencang menuju gawang kosong. Laga pun ditutup dengan kemenangan 4-2 untuk Arsenal.

Dengan hasil ini Arsenal kembali ke puncak klasemen sementara Premier League dengan raihan 54 poin dari 23 laga. The Gunners unggul tiga poin dari pesaing terdekat mereka Manchester City.

Susunan Pemain:

ASTON VILLA (4-4-2): Emiliano Martinez; Matty Cash, Ezri Konsa, Tyrone Mings, Alex Moreno (Digne 78); John McGinn, Douglas Luiz (Dendocker 67), Boubacar Kamara, Emiliano Buendia (Bailey 67); Philippe Coutinho (Ramsey 62), Ollie Watkins (Duran 78)

ARSENAL (4-3-3): Aaron Ramsdale; Ben White (Tomiyasu 79), William Saliba, Gabriel, Oleksandr Zinchenko (Tuerney 95); Martin Odegaard (Holding 95), Jorginho, Granit Xhaka (Vieira 79); Bukayo Saka, Eddie Nketiah, Leandro Trossard (Martinelli 68)

Premier League Arsenal Aston villa Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.060

Bagikan