BolaSkor.com - Sebuah petisi muncul di dunia maya untuk memberikan gelar juara Serie A musim ini kepada Atalanta. Alasannya, Bergamo kota yang jadi markas klub itu merupakan yang paling terdampak pandemi virus corona di Italia.

Seperti dilansir Football Italia, hingga Sabtu (4/4) malam waktu setempat, tercatat 15.362 orang telah meninggal karena COVID-19 di Italia dan 8.656 di antaranya terjadi di provinsi Lombardia.

Bergamo merupakan kota kecil di Lombardia dengan populasi 120 ribu orang. Melihat bahwa lebih dari 4.500 orang meninggal di sana merupakan fakta yang mengagetkan.

Baca Juga:

Penundaan Premier League Diperpanjang Tanpa Batas Waktu

Berubah Pikiran, UEFA Kini Ingin Selesaikan Kompetisi Musim 2019-2020

Paulo Dybala Bocorkan Tak Semua Pemain Juventus Setuju Dipotong Gaji

Kondisi miris sempat terlihat dari sebuah video yang beredar di media sosial. Video tersebut memperlihatkan tentara di Bergamo harus membawa jenazah korban ke luar kota lantaran krematorium di sana tak mampu menampung tingginya jumlah korban.

Alasan-alasan tersebut mendasari petisi yang diunggah di laman change.org untuk menyerahkan gelar scudetto kepada Atalanta yang musim ini juga tampil mengejutkan hingga mampu ke babak perempat final Liga Champions sebelum sepak bola ditangguhkan.

Petisi tersebut menyebut memberi gelar scudetto ke Atalanta sebagai apresiasi atas capaian olahraga dua tahun terakhir dan penghormatan terhadap Kota Bergamo, sebagai simbol penderitaan Italia selama pandemi virus corona.

Sebelumnya, Juventus telah menegaskan mereka tidak ingin menerima scudetto jika kmeptisi batal dilanjutkan kendati mereka saat ini berada di puncak klasemen.

Sepanjang sejarah, Atalanta belum pernah menjuarai Serie A.