Piala Dunia U-17 2023

Atap JIS Tidak Ditutup hingga Sebabkan Air Tergenang, Regulasi FIFA Ini Bisa Jadi Jawaban

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 25 November 2023
Atap JIS Tidak Ditutup hingga Sebabkan Air Tergenang, Regulasi FIFA Ini Bisa Jadi Jawaban
Jakarta International Stadium (JIS) tergenang air jelang laga Brasil U-17 Vs Argentina U-17. (BolaSkor.com/Tengku Sufiyanto)

BolaSkor.com - Laga semifinal Piala Dunia U-17 2023 antara Brasil U-17 kontra Argentina U-17 di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Jumat (24/11) malam WIB, sempat tertunda 30 menit akibat lapangan tergenang air.

Hujan mulai turun sejak kedua tim melakukan warming-up pada pukul 18.30 WIB. Sejatinya kick-off digelar pada 19.00 WIB. Namun, akhirnya baru bisa digelar pada 19.30 WIB.

Seluruh elemen dari panitia pelaksana pertandingan melakukan dorongan kepada air menggunakan serokan. Selanjutnya membuat pori di tanah, agar air masuk ke dalam drainase dengan cepat.

Warganet menyoroti tergenangnya JIS. Mereka menyoroti atap JIS yang katanya bisa buka-tutup, tetapi mengapa tak digunakan.

Baca Juga:

Tanggapan Echeverri Disebut Jelmaan Lionel Messi

Profil Claudio Echeverri, Si Setan Kecil Jelmaan Messi di Piala Dunia U-17 2023

Jakarta International Stadium (JIS). (Facebook Chonburi FC)

Dalam Regulasi Kompetisi FIFA Pasal 22 'Stadium Infrastructure and Equipment' poin keenam dijelaskan mengenai penggunaan atap stadion.

Penggunaan atap stadion tidak bisa sembarangan digunakan secara seenaknya. Ini harus diputuskan oleh Komisioner Pertandingan FIFA. Mereka harus berkoordinasi dengan wasit dan ofisial kedua tim yang bertanding.

"Jika pertandingan dimulai dengan atap tertutup, maka atap akan tetap ditutup selama seluruh pertandingan. Jika pertandingan dimulai dari atap terbuka dan ada perubahan serius dalam kondisi cuaca, Komisaris Pertandingan FIFA dan wasit mempunyai wewenang untuk memerintahkan penutupan atap selama pertandingan, dengan syarat keselamatan dan keamanan seluruh penonton, pemain dan pemangku kepentingan lainnya tetap dijamin sepenuhnya oleh asosiasi tuan rumah. Jika hal itu terjadi, atap harus tetap tertutup sampai akhir pertandingan," bunyi regulasi FIFA.

FIFA dan LOC Piala Dunia U-17 2023 belum memberikan keterangan resmi terkait hal ini. Beruntungnya, laga Brasil kontra Argentina dapat selesai tanpa adanya genangan air.

Argentina melaju ke semifinal usai menghempaskan Brasil 3-0. Kapten Albiceleste Claudio Echeverri menciptakan hat-trick dalam laga tersebut.

Piala Dunia U-17 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.118

Bagikan