BolaSkor.com - AS Roma terus berbenah menatap musim baru bersama Jose Mourinho. Setelah merekrut Rui Patricio dan merampungkan kedatangan Matias Vina, Il Giallorossi kini memperkuat sektor serang.

Pemain yang akan datang itu adalah striker berusia 26 tahun dari Genoa, Eldor Shomurodov. Penyerang bernama lengkap Eldor Azamat o'g'li Shomurodov diboyong sebesar 20 juta euro (termasuk bonus).

"Eldor Shomurodov ke AS Roma, kesepakatan tercapai dan here we go. Kesepakatan total dengan Genoar untuk 20 juta euro (termasuk bonus), kesepakatan personal disepakati seperti info yang diberikan Gianluca Di Marzio," tutur pakar transfer sepak bola Eropa, Fabrizio Romano.

20 juta euro itu terbagi 17,5 juta euro untuk dana awal dan 2,5 juta euro bonus. Genoa juga akan mendapatkan 10 persen dari penjualan tersebut jika Shomurodov meninggalkan Roma di masa depan (sekitar lebih dari 17 juta euro).

Baca Juga:

5 Fakta Menarik Tentang Rui Patricio, Rekrutan Pertama Mourinho di Roma

Henrikh Mkhitaryan Tak Trauma dengan Filosofi Permainan Mourinho

AS Roma Menang 10-0 di Laga Debut Jose Mourinho

Eldor Shomurodov

Sekilas Informasi Mengenai Eldor Shomurodov

Genoa merekrut Shomurodov dari klub Rusia, Rostov pada 2020 dengan mahar 7,5 juta euro, menjadikannya pemain kedua dari Uzbekistan yang bermain di Serie A setelah Ilyos Zeytulayev. Musim debutnya tidak berjalan buruk.

Delapan gol dari 31 laga Serie A musim lalu dengan Genoa membantu klub selamat dari zona degradasi, meski faktanya Shomurodov hanya tampil 16 kali jadi starter. Hal itu cukup meyakinkan Mourinho dan ia meminta kepada Roma untuk merekrutnya.

Kebetulan, Mourinho juga sosok yang dikagumi oleh Shomurodov selain terinspirasi dari dua mantan penyerang Chelsea, Fernando Torres dan Didier Drogba. Shomurodov lahir pada 25 Juni 1995 di Jarkurgan, Uzbekistan.

Eldor Shomurodov dan Jose Mourinho

Keluarganya sudah memiliki passion dengan sepak bola. Keluarga, paman, dan ayahnya pesepak bola dan Shomurodov mengikuti jejak mereka dengan impian jadi pemain profesional.

Memulai karier di akademi klub Uzbekistan, Mash'al Mubarek, Shomurodov perlahan menapaki kariernya di Bunyodkor dan Rostov sebelum gabung Genoa.

Shomurodov memiliki gaya main yang disukai Mourinho. Dia ideal dengan permainan serangan balik yang juga diterapkan di Genoa. Shomurodov punya kecepatan, kemampuan mendribel bola, dan tinggal menyempurnakan penyelesaian akhir.

Shomurodov akan melapis Edin Dzeko di AS Roma, terutamanya jika melihat usia Dzeko yang akan berumur 36 tahun pada 2022. Shomurodov juga akan bersaing dengan Carles Perez untuk mengesankan Mourinho.