BolaSkor.com – Kemenangan perdana diraih Timnas Indonesia di laga kedua grup B Piala AFF 2018. Berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Tim Garuda menang 3-1 melalui gol yang dicetak oleh Alfath Fathier (60’), penalti Stefano Lilipaly (69’), dan Alberto “Beto” Goncalves.

Kendati menang, nyatanya pertahanan dan permainan Indonesia sempat mengkhawatirkan. Bahkan, Indonesia tertinggal terlebih dahulu dari gol indah Rufino Gama di menit 48. Gol itu membangkitkan semangat bermain Indonesia.

Pertahanan itu juga yang menjadi sorotan Bima Sakti Tukiman, pelatih Timnas Indonesia. Apalagi, di laga berikutnya Indonesia akan menyambangi Rajamangala Stadium, Bangkok, markas Thailand yang meraih kemenangan telak 7-0 atas Timor Leste.

“Ya, ini (pertahanan) jadi PR (Pekerjaan Rumah) buat saya juga karena memang tadi pemain merasa sedikit beban, sempat ngobrol ke Beto, tadi kalo cetak gol di lawan mungkin permainan jadi lebih baik,” ucap Bima Sakti di sesi konferensi pers pasca laga berakhir.

“Terkesan buru-buru (permainan Indonesia), setelah gol baru bangkit. Salut kepada pemain setelah tertinggal masih bisa membalikkan (keadaan). Lawan thailand harus kita benahi semua dan juga pertahanan,” tegasnya.

Pada pertandingan tadi, Bima Sakti memang mengubah komposisi pemainnya di lini belakang. Dari komposisi pemain yang kalah sebelumnya dari Singapura (0-1), hanya Hansamu Yama Pranata yang bermain di laga ini. Sisanya baru jadi starter di laga ini: Fathier, Fachruddin Aryanto, dan Gavin Kwan Adsit.

Pertandingan melawan Thailand akan berlangsung Sabtu (17/11). Kedua tim sama-sama meraih tiga poin saat ini, tapi Thailand baru memainkan satu laga lebih sedikit dari Indonesia.