Athletic Bilbao 0-1 Barcelona: Sambutan Tak Ramah Publik San Mames

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 13 Maret 2023
Athletic Bilbao 0-1 Barcelona: Sambutan Tak Ramah Publik San Mames
Athletic Bilbao 0-1 Barcelona (Twitter)

BolaSkor.com - Barcelona mendapat sambutan tak ramah saat berkunjung ke markas Athletic Bilbao dalam lanjutan LaLiga 2022-2023. Suporter tuan rumah meluapkan kekecewaannya terkait kasus suap wasit yang dituduhkan kepada Blaugrana.

Dalam laga yang berlangsung di San Mames, Senin (13/3) dini hari WIB, Barcelona berhasil mengalahkan Bilbao dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal kemenangan tim tamu dicetak Raphinha pada injury time babak pertama.

Barcelona tengah disorot karena tuduhan kasus suap wasit yang melibatkan Jose Maria Enriquez Negreira. Sosok terakhir adalah mantan wakil presiden asosiasi wasit Spanyol.

Baca Juga:

Terjerat Kasus Suap Wasit, Barcelona Masih Bisa Lepas dari Hukuman

Hasil Pertandingan: Juventus dan Barcelona Susah Payah Menang

Real Madrid Keluarkan Pernyataan Resmi Terkait Kasus Penyuapan Wasit oleh Barcelona

Meski belum diputuskan bersalah, citra Barcelona sudah terlanjur rusak di mata suporter Bilbao. Pendukung tuan rumah bahkan menyiapkan aksi khusus untuk menyindir El Barca.

Saat laga memasuki menit ke-30, suporter Bilbao melemparkan replika uang dari kertas berwarna merah dan biru. Ada gambar Barcelona dan tulisan mafia yang dengan tegas menjelaskan arti sindiran tersebut.

Perlakuan publik San Mames itu mendapat respons dari pelatih Barcelona, Xavi Hernandez. Ia tak bisa menutupi rasa kecewa karena dianggap sebagai pelaku kejahatan.

"Saya sedih dengan suasana tidak bersahabat di San Mames hari ini. Mereka selalu memperlakukan Barcelona dan saya sangat baik di sini," kata Xavi usai laga.

"Kami harus lebih sabar dan lebih tenang. Kami akan menghadapi masalah yang sama di setiap pertandingan."

Publik San Mames kian geram setelah tim pujaannya dirugikan dua keputusan wasit kontroversial. Gil Manzano selaku pengadil yang bertugas mengesahkan gol Barcelona yang sempat dianulir dan menganulir gol Bilbao yang sempat disahkan.

Gol Raphinha awalnya memang dianulir karena hakim garis mengangkat bendera tanda adanya pelanggaran offside. Namun keputusan itu diubah usai mengecek VAR.

Barcelona seolah dibantu wasit setelah VAR menganulir gol Inaki Williams pada menit ke-88. Padahal Manzano sempat mengesahkannya.

Setelah diusut, VAR menganulirnya karena Iker Muniain melakukan handball dalam proses pembuatan gol. Namun keputusan itu menjadi polemik karena sang pemain merasa bola terkena bahu.

Tak heran jika tuduhan Barcelona dibantu wasit kian kencang terdengar. Para pemain Bilbao tak bisa menutupi rasa kecewanya.

"Logis bahwa kami marah. Itu adalah permainan yang meragukan, tetapi mereka memberi tahu saya bahwa dia (Muniain) menyentuhnya dengan bahu," kata pemain Bilbao Oscar de Marcos.

Sindiran juga diberikan pelatih Bilbao, Ernesto Valverde. Namun pria yang pernah menangani Barcelona itu mempertanyakan peran VAR.

"Tidak normal jika tidak ada seorang pun di lapangan yang melihat atau memprotes apa pun, tetapi Anda melarang gol tersebut karena seseorang melihatnya dari teleskop jauh, jauh sekali," kata Valverde.

"VAR seharusnya ada di sana untuk memperbaiki kesalahan yang mencolok. Namun memanggil wasit karena seorang pemain hampir tidak menyentuh bahunya dengan bola itu tidak masuk akal."

Barcelona Athletic Bilbao LaLiga Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan