Atlet Berpuasa: Kisah Lupis dan Rendang Alexandra Asmasoebrata

Hendry WibowoHendry Wibowo - Selasa, 07 Mei 2019
Atlet Berpuasa: Kisah Lupis dan Rendang Alexandra Asmasoebrata
Alexandra Asmasoebrata (Istimewa)

BolaSkor.com - Salah satu momen paling dinantikan bagi umat muslim yang melakukan ibadah puasa adalah ketika berbuka puasa itu sendiri. Mayoritas pasti sudah menyiapkan makanan favorit untuk membatalkan puasa.

Termasuk Alexandra Asmasoebrata, wanita yang dikenal lewat kariernya di ajang balap kursi tunggal. Ketika BolaSkor.com bertanya soal makanan favoritnya saat berbuka puasa, istri dari pereli nasional, Subhan Aksa ini menyebut dua menu.

Baca Juga:

CLS Knights Indonesia Dipaksa Bertekuk Lutut dari Slingers

Demi Penggemar, CLS Knights Indonesia Wajib Juara ABL 2018/2019

"Menu favorit saya ketika membatalkan puasa itu kue lupis. Terus satu lagi yang spesial rendang. Ini selalu ada di meja makan saat bulan Ramadan. Padahal kalau tidak puasa, jarang ada," kata Andra-sapaan akrabnya bercerita.

Lebih lanjut, Andra turut menceritakan aktifitasnya di bulan Ramadan ketika masih aktif berlomba dahulu. Menurutnya ia tetap berpuasa meski harus menjalani latihan fisik. Maklum motorsport, utamanya formula memang butuh fisik prima.

Namun Andra menyebut ketika bulan Ramadan, porsi latihan akan disesuaikan. Mengingat asupan tenaga yang didapat hanya saat sahur dan berbuka. Alhasil biasanya tidak banyak latihan fisik ketika siang hari.

"Porsi latihan pasti berkurang, kalau untuk latihan fisik biasanya menjelang buka puasa atau malam hari. Tetapi kalau ada kejuaraan yang harus diikuti, mau tidak mau tetap latihan, walau tidak seberat biasanya," ujar Andra.

Sebagian besar lomba berstatus Kejuaraan Nasional memang libur total selama bulan Ramadan. Namun bagi Andra yang lebih banyak berlomba di level Asia, ia sudah terbiasa tetap mengaspal meski bulan Puasa.

Dia pun menceritakan, andai lomba yang dijalaninya begitu berat, ia memilih untuk tidak memaksakan diri berpuasa.

"Kalau bulan puasa untuk Kejurnas memang tidak ada agenda balapan. Tapi karena saya kebanyakan kejuaraan di Asia seperti Malaysia, Jepang, dan China, lomba tetap berjalan walau bulan Ramadan," Andra berkisah.* (MA01-ARINA)

Breaking News Alexandra Asmasoebrata Atlet Berpuasa
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan