BolaSkor.com- Chef de Mission (CDM) Malaysia, Datuk Seri Abdul Azim Mohd Zabidi, mengimbau para atlet agar tidak bereaksi berlebihan pada Asian Games 2018. Abdul menyebut Malaysia harus bisa menghormati Indonesia sebagai tuan rumah.

Rivalitas Indonesia dan Malaysia yang panas tak jarang menimbulkan bentrok antar atlet dan juga suporter. Agar penyelenggaraan Asian Games 2018 berjalan lancar, Abdul meminta para atletnya agar menjaga sikap.

CdM Malaysia juga percaya Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 bakal memberi jaminan keamanan selama event berlangsung. Namun, Malaysia tetap akan membangun posko di dekat venue agar keselamatan atlet Negeri Jiran tersebut terjamin.

"Para atlet juga akan disarankan untuk tidak merayakan dengan antusias sampai pada tingkat yang akan membuat para pendukung tuan rumah merasa kesal. Kami puas dengan pengarahan dan langkah-langkah yang diambil untuk menjamin keselamatan kontingen kami di Indonesia," tutur Abdul dikutip dari The Star Daily, Jumat (10/8).

"Meski tidak ada personel polisi kami yang akan pergi bersama kontingen, saya percaya bahwa mereka telah melakukan pengawasan yang diperlukan untuk meningkatkan langkah-langkah keamanan," sambungnya.

Ketegangan antara Indonesia dan Malaysia kembali memanas setelah Timnas Malaysia U-16 mendapat serangan verbal dari para suporter. Tindakan yang diawali pemain Malaysia tersebut membuat Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, bereaksi.

"Kementerian akan menangani kemungkinan provokasi suporter yang bisa mencoreng citra negara dalam konteks olahraga didasarkan pada prosedur dan peraturan olahraga internasional. Dalam setiap aturan olahraga internasional yang ada, prosedur dipercayakan kepada penyelenggara," ujar Syed.