Atletico Madrid Vs Real Madrid, Sekelumit Sejarah El Derbi Madrileno

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 08 Februari 2019
Atletico Madrid Vs Real Madrid, Sekelumit Sejarah El Derbi Madrileno
Derby Madrid (zimbio)

BolaSkor.com - Derby antara dua tim terbesar Kota Madrid, Real Madrid dan Atletico Madrid, memiliki arti lebih dari sekadar duel di atas lapangan hijau. Laga ini adalah kisah panjang seputar pertemanan, tetangga, dan yang paling utama, rivalitas. Sabtu (9/2) malam WIB, laga panas ini kembali tersaji di markas Atletico, Stadion Wanda Metropolitano.

Meskipun Kota Madrid saat ini memiliki lima tim yang bermain di LaLiga; Real Madrid, Atletico Madrid, Getafe, Leganes, dan Rayo Vallecano, pertemuan antara Real dan Atleti merupakan pertandingan terbesar di kota.

Derby ini menjadi pertandingan yang paling sering dimainkan dalam sejarah sepak bola Spanyol dan menjadi salah satu laga yang paling ditunggu.

Baca Juga:

5 Rekor yang Dapat Dipecahkan Cristiano Ronaldo Musim Ini

Mengenang Munich Disaster, Ketika Tragedi Meruntuhkan Tembok Rivalitas

Derby Madrid
Derby Madrid 1909 (commons.wikimedia.org)

Setelah Real Madrid resmi didirikan pada tahun 1902, Atletico kemudian menyusul pada tahun berikutnya. Kedua tim telah berlaga dalam banyak pertandingan. Pertandingan resmi pertama sendiri terjadi di Campeonato Regional Centro, yang berakhir imbang 1-1 pada 2 Desember 1902.

Persaingan mereka berlanjut di berbagai kompetisi regional dan nasional, hingga musim 1928/29 ketika LaLiga didirikan dengan kedua tim sebagai salah satu anggota pendiri. Pertemuan pertama mereka di LaLiga berlangsung pada 24 Februari 1929 di Stadion Chamartin milik Real. Tim tuan rumah membawa pulang kemenangan dengan skor 2-1, dengan kedua gol yang dicetak oleh Monchin Triana, yang tahun sebelumnya memperkuat Real.

Pertukaran pemain di antara kedua tim memang bukan suatu hal yang baru. Santiago Bernabeu, Presiden Los Blancos legendaris, pernah bermain untuk Atletico pada era 1920-an. Real juga pernah meminjamkan penyerang Ramon Grosso kepada Atlético pada musim 1963/64 untuk menghindari degradasi.

Sedangkan pemain asal Meksiko, Hugo Sanchez, pernah bermain dan mencetak gol untuk kedua tim dalam pertandingan derby di era 1980-an.

Real Madrid Atletico Madrid LaLiga
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.056

Bagikan