Aturan Kartu Kuning dan Merah Premier League Musim 2019-20

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 27 Juli 2019
Aturan Kartu Kuning dan Merah Premier League Musim 2019-20
Wasit Premire League (premierleague)

BolaSkor.com - Aturan kartu kuning dan merah pertama kali diperkenalkan pada Piala Dunia 1970. Sejak saat itu, kartu kuning dan merah menjadi aspek penting disiplin dalam permainan sepak bola.

Secara umum, aturan kartu ini merupakan wewenang wasit untuk menghukum pemain yang melakukan pelanggaran keras atau berperilaku tak sportif. Kartu kuning adalah peringatan dari sang wasit dan pemain masih diberi kesempatan bermain.

Namun jika wasit memberikan kartu merah, sang pemain langsung diusir dari lapangan permainan. Hal serupa jika pemain mendapatkan kartu kuning kedua yang otomatis menjadi kartu merah.

Seiring dengan jalannya waktu, kemudian dikenal dengan akumulasi kartu kuning. Yaitu jumlah tertentu yang berbuah hukuman tak boleh bertanding.

Di Premier League, aturan ini sedikit berbeda. Berikut uraiannya.

Seperti musim lalu, kartu kuning yang diterima seorang pemain hanya berlaku untuk kompetisi yang dimainkan.

Jadi, jika misalnya Virgil Van Dijk menerima kartu kuning di Premier League, itu tidak akan dihitung di ajang lain seperti Piala FA. Begitupun sebaliknya.

Namun, aturan berbeda bagi kartu merah. Jika pemain mendapatkan kartu merah, hukuman larangan bertanding yang menjadi konsekuensinya berlaku untuk semua kompetisi.

Akumulasi Kartu Kuning

Hukuman akumulasi kartu kuning di Premier League bervariasi dari jumlah kartu dan pertandingan.

Seorang pemain yang menerima lima kartu kuning sebelum laga pekan ke-19, akan menerima larangan main satu laga.

Jika pemain menerima 10 kartu kuning sebelum laga pekan ke-32, larangan bermain yang diterima adalah dua laga.

Jika total 15 kartu kuning diterima sepanjang musim atau sebelum pekan ke-38, pemain akan dilarang tampil dalam tiga laga.

Semua hukuman itu hanya berlaku di Premier League.

Hukuman Kartu Merah

Berapa laga pemain dilarang tampil jika menerima kartu merah? Lama hukuman penerima kartu merah juga bervariasi, tergantung tingkat pelanggaran.

Sebagai contoh, kartu merah yang dikeluarkan akibat dua kartu kuning, pemain akan dilarang bermain satu laga. Hukuman serupa untuk kartu merah karena pelanggaran profesional.

Pemain yang dikartu merah karena perilaku tak pantas umumnya menerima larangan tanding dua laga. Namun jika kartu merah akibat kekerasan (violent conduct), pemain akan kena suspensi tiga laga.

Semua hukuman tersebut masih bisa bertambah atau berkurang setelah melalui evaluasi atau banding.


Aturan Baru

Mulai musim 2019-20, wasit bisa memberi manajer dan staf pelatih kartu kuning dan merah, seperti pemain.

Jika terjadi kekacauan di pinggir lapangan dan pihak yang berulah tak bisa diidentifikasi, pelatih paling senior (tinggi) jabatannya otomatis menjadi pihak yang menerima kartu.

Premier League
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.092

Bagikan