Aturan Ketat Ronald Koeman di Barcelona, Tiru Cara Pep Guardiola

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 02 September 2020
Aturan Ketat Ronald Koeman di Barcelona, Tiru Cara Pep Guardiola
Ronald Koeman (Twitter)

BolaSkor.com - Era baru Barcelona telah dimulai di bawah arahan pelatih asal Belanda Ronald Koeman. Di tengah turbulensi Blaugrana dengan isu cuci gudang skuad serta keinginan megabintang klub Lionel Messi untuk pergi, Koeman tetap fokus melatih tim.

Koeman (57 tahun) menggantikan Quique Setien yang dipecat Barca di akhir musim menyusul kekelahan 2-8 dari Barcelona di Liga Champions. Koeman adalah mantan bek tangguh Barca medio 1989-1995 dan sudah sarat pengalaman melatih.

Kedatangannya bisa jadi tiba di momen terburuk dalam sejarah Barca. Lionel Messi ingin hengkang, lalu pemain-pemain senior perlahan pergi dari klub. Ivan Rakitic telah pergi ke Sevilla dan Arturo Vidal dikabarkan sepakat gabung Inter Milan.

Baca Juga:

Lionel Messi Dikabarkan Sepakati Kontrak Manchester City Senilai Rp12 Triliun

Lionel Messi Bermasalah dengan Barcelona, tapi Masih Ada di Grup WhatsApp Blaugrana

Semakin Panas, Ayah Lionel Messi Tiba di Spanyol

Ronald Koeman dan staf kepelatihan Barcelona

Meski begitu dengan merujuk kepada istilah 'the show must go on' Koeman tetap menjalankan tugasnya dengan profesional, tak peduli dengan siapa pun yang berada dalam skuadnya dan mengikuti sesi pramusim Barca.

Sebagaimana dilansir dari Mirror Koeman bahkan meniru aturan ketat yang pernah diberikan Pep Guardiola, eks pelatih Barca medio 2009-2011 yang memberikan kesuksesan besar dari raihan trofi hingga permainan yang menghibur penonton ala tiki taka.

Selayaknya julukan The Iron Tulip yang diberikan kepada Louis van Gaal, guru Koeman yang merujuk kepada ketegasan dalam memimpin, begitu juga Koeman. Dia dikabarkan sudah berkata kepada Luis Suarez, Vidal, dan Samuel Umtiti untuk pergi dari klub karena mereka tak masuk rencana bermainnya.

Selain itu Koeman juga menerapkan aturan kepada para pemain untuk melapor di pusat latihan Barca (Joan Gamper) satu jam sebelum sesi latihan dimulai. Dua hal itu pernah diterapkan Guardiola di Barcelona. Koeman berharap dapat mengontrol skuadnya lebih baik dengan aturan-aturan ketat tersebut.

Apalagi ada potensi besar Barca tak lagi bisa mengandalkan Messi yang sudah membela klub dari 2004 di musim ini. Jika benar transfernya terjadi maka Messi berpotensi pergi ke Manchester City dan bereuni dengan Guardiola.

Breaking News Pep Guardiola Ronald Koeman Barcelona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.135

Bagikan