BolaSkor.com - Banyak perpisahan emosional yang terjadi di akhir Premier League 2017/18. Mulai dari pensiunnya Michael Carrick di Manchester United, hengkangnya Yaya Toure dari Manchester City, hingga Arsene Wenger yang mengakhiri dedikasi selama 22 tahun dengan Arsenal.

Dari semuanya, momen perpisahan Wenger memang paling emosional. Sangat jarang - bahkan hampir tidak ada - di era sepak bola modern, ada manajer seperti Wenger yang dapat bertahan di satu klub selama dua dekade lebih. Sebelum Wenger, Sir Alex Ferguson telah terlebih dahulu mengakhiri sirkulasi 26 tahun bersama Man United di tahun 2013.

Wenger, 68 tahun, mendapatkan banyak respek dari publik Inggris, tidak cuma Arsenal. Perpisahannya diakhiri dengan kemenangan 1-0 Arsenal atas Huddersfield Town di Stadion John Smith - kemenangan tandang pertama di Premier League 2017/18.

Kendati pergi tanpa satupun raihan trofi, jasa-jasa Wenger selama membesarkan Arsenal dan membentuk pondasi klub, tidak akan lekang oleh waktu. Satu pemain Arsenal yang masih sulit memercayai fakta kepergian Wenger adalah striker asal Gabon, Pierre-Emerick Aubameyang.

Penyerang berusia 28 tahun merupakan warisan Wenger untuk penerusnya nanti. Aubameyang didatangkan Wenger Januari lalu bersama Henrikh Mkhitaryan, untuk menggantikan Olivier Giroud, Alexis Sanchez, dan Theo Walcott. Baru sebentar bermain untuk The Gunners, Aubameyang sudah mencetak 10 gol dari total 14 penampilannya.

"Saya pikir dia (Wenger) akan berada di Arsenal selama bertahun-tahun ke depan. Tapi inilah hidup. Inilah sepak bola. Terkadang, Anda tidak pernah mengetahuinya. Namun, saya bahagia bermain untuknya. Saya banyak belajar di waktu yang singkat dengannya. Saya bahagia berada di sini," ucap Aubameyang kepada London Evening Standard, Selasa (15/5).

"Kemarin penting bagi kami, karena kemarin laga terakhir untuknya. Penting untuk memenangi laga tersebut untuknya. Jadi kemarin benar-benar spesial," sambung eks striker Borussia Dortmund itu.

Wenger belum menentukan klub pelabuhan barunya, juga dengan posisinya nanti. Entah sebagai pelatih atau berada di jajaran direksi. Sementara Arsenal, kabarnya menjadikan satu di antara Mikel Arteta, Luis Enrique, Patrick Vieira, dan Julian Nagelsmann, sebagai suksesor Wenger.