Australia Mengukir Tinta Emas di Indonesia

Andhika PutraAndhika Putra - Senin, 25 Juli 2022
Australia Mengukir Tinta Emas di Indonesia

BolaSkor.com - Australia resmi keluar sebagai juara FIBA Asia Cup 2022. Negeri Kanguru itu sukses memertahankan gelar yang diraihnya pada empat tahun lalu.

Di partai final, Australi menang atas Lebanon 75-73 lewat pertandingan menegangkan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (24/7/2022) malam. Peringkat ketiga diisi oleh Selandia Baru yang mengalahkan Yordania 83-75.

Australia menjadi negara keempat yang memenangkan dua gelar FIBA Asia Cup secara beruntun setelah Filipina, Cina, dan Iran. Hebatnya, Australia belum pernah kalah sejak pertama kali berpartisipasi pada FIBA Asia Cup 2017.

Sementara Lebanon kembali harus puas sebagai runner up. Ini merupakan keempat kalinya Lebanon finis sebagai runner-up dalam empat kesempatan berlaga di final.

Meskipun kalah, pemain Lebanon Wael Arakji terpilih sebagai MVP FIBA Asia Cup 2022. Ia mengatakan, timnya telah berjuang keras menghadapi Australia yang merupakan salah satu tim tangguh dunia. Sebagai tim dari negara kecil yang kerap dilanda masalah, ia mengatakan timnya berjuang dan berhasil mencapai final meskipun akhirnya kalah.

"Terima kasih kepada orang Jakarta, orang Indonesia yang mendukung kami. Kami mencintai kalian. Semoga kita bisa bertemu di Piala Dunia," kata Wael Arakji selepas pertandingan.

Pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengapresiasi kerja keras panitia pelaksana dan PP Perbasi yang sudah menyelenggarakan FIBA Asia Cup 2022 dengan sukses. Ia juga berterima kasih atas dukungan Erick Thohir sebagai FIBA Board Member yang membantu kesuksesan penyelenggaraan.

"Pemerintah mengapresiasi upaya komunitas basket kita yang membuat kita berada di posisi 10 FIBA Asia Cup yang belum pernah kita rasakan," kata Menpora.

Erick mengatakan, di bola basket Indonesia sudah bisa bicara di level Asia Tenggara. Setelah juara SEA Games Vietnam, Erick yakin Perbasi akan mempersiapkan tim terbaik untuk bisa kembali berprestasi di SEA Games.

"Saya tadi juga mendapatkan apreasiasi luar biasa dari seluruh FIBA disampaikan kepada Pak Menpora, kepada Ketua Perbasi, ini adalah penyelenggaraan kejuaraan FIBA Asia Cup terbaik yang pernah mereka rasakan. Tidak hanya kesiapan panitia, tapi juga kesiapan fasilitas. Mereka yakin Indonesia bisa mempersiapkan dengan baik Piala Dunia tahun depan. Mereka benar-benar mendorong perkembangan bola basket Indonesia ke depan,"kata Erick.

FIBA Executive Director Asia Hagop Khajirian juga ikut memuji pelaksanaan FIBA Asia Cup 2022. "Istimewa. Final yang fantastis dengan pertandingan luar biasa dan penonton yang menakjubkan mendukung kedua tim, meskipun yang bermain bukan tuan rumah," kata Hagop.

Breaking News Basket FIBA FIBA Asia Cup 2022
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan