Babak 16 Besar Liga 3, PSSI Sudah Tugaskan Wasit Liga 2

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 08 Maret 2022
Babak 16 Besar Liga 3, PSSI Sudah Tugaskan Wasit Liga 2
Ketua Komite Wasit PSSI Ahmad Riyadh ditemui di sela pelantikan Pengprov IMI Jawa Timur, Senin (7/3). (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Perhelatan kompetisi Liga 3 kembali menuai kontroversi. Sejumlah laga perdana babak 16 besar Liga 3 Nasional berakhir dengan aksi adu jotos. Kejadian tersebut didasari ketidakpuasan atas kepemimpinan pengadil lapangan.

Setidaknya ada dua pertandingan yang diwarnai kericuhan. Yakni pertandingan Grup AA yang dimenangkan Deltras FC dengan skor 1-0 atas PS Palembang di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Minggu (6/3). Kemudian laga yang dimenangkan oleh Farmel FC 3-0 saat bersua Persikota Tangerang di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Ketua Komite Wasit PSSI Ahmad Riyadh mengakui jika tensi babak 16 besar Liga 3 Nasional begitu tinggi. Padahal, pengadil lapangan yang ditugaskan di kasta terbawah sepak bola Indonesia berasal dari wasit-wasit Liga 2. Namun, masih muncul kejadian yang bermula dari ketidaktegasan wasit memimpin pertandingan tersebut semakin mencoreng wajah sepak bola Indonesia.

Baca Juga:

Pemerintah Izinkan Liga 1 Dihadiri Penonton, PT LIB Beri Tanggapan

Asisten Wasit Tambahan Mulai Bertugas di Tiga Laga Krusial Pekan 30 Liga 1

“Kemarin (sebelum babak 16 besar Liga 3 Nasional) saya minta wasit yang diturunkan adalah wasit Liga 2. Agar lebih profesional, lebih berpengalaman (memimpin) pada pertandingan-pertandingan krusial seperti ini,” ucap Riyadh ketika ditemui di sela pelantikan Pengprov IMI Jawa Timur, Senin (7/3).

Dia memastikan jika wasit-wasit yang gagal memimpin pertandingan dengan baik mendapat hukuman. Artinya, wasit M. Khifsan yang memimpin laga Deltras FC vs PS Palembang dan wasit Untung Santoso di laga Farmel FC kontra Persikota mendapat hukuman?

“Wasit tidak hukum selama dia (bertugas) profesional. Kalau kesalahannya tidak mampu melihat kejadian ya (sanksi) pembinaaan. Sanksi dari Komite Wasit itu menurunkan atau tidak menurunkan bertugas,” kelit Riyadh.

Pria yang juga berprofesi sebagai pengacara tersebut menegaskan bahwa PSSI tidak hanya menyoroti kejadian di Liga 3. Tetapi juga di Liga 1. Riyadh mengaku jika federasi cukup kecewa dengan performa para wasit.

“Karena gaji wasit Indonesia ini terbesar se-Asia Tenggara. Eh, ternyata masih tidak memuaskan, buktinya masih ada wasit tidak memberi pelanggaran padahal terjadi di depan mata. Bahkan, semua orang bisa melihat itu. Kalau wasit tidak kelihatan berarti ngga layak jadi wasit,” pungkas Riyadh. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Liga 3 Pssi Wasit
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan