BolaSkor.com – Ujian berat sudah langsung dihadapkan Sven-Goran Eriksson di awal perjalanannya melatih timnas Filipina. Usai memberikan kemenangan 1-0 atas Singapura, Eriksson kini harus memutar otaknya jelang laga ketiga grup B Piala AFF 2018 melawan Timor Leste, Sabtu (17/11) malam WIB.

Badai cedera tiba-tiba menghampiri The Azkals dalam beberapa hari belakangan ini. Luke Woodland sudah dipastikan absen hingga turnamen berakhir karena cedera. Kini, giliran Manuel “Manny” Ott yang cedera.

Dalam akun Instagram pribadinya, Ott mengumumkan kepada publik bahwa ia tidak bisa bermain karena cedera setelah membantu Filipina menang 1-0 atas Singapura.

“Mengharapkan seluruh yang terbaik untuk tim di laga malam ini. Sayangnya, saya harus menepi di laga ini karena saya cedera kaki pasca laga melawan Singapura. Dukungan kepada Phil Younghusband untuk laga ke-100 Anda untuk negara,” ucap Ott.

Absennya produk akademi FC Ingolstadt 04 itu jelas menambah masalah bagi Eriksson. Sebab, Ott merupakan elemen penting di lini tengah permainan Filipina. Tidak hanya bisa diandalkan ketika bertahan, pemain berusia 26 tahun itu juga dapat membangun transisi dari bertahan ke penyerangan dengan baik.

“Terlepas dari pengatur serangan vital di lini tengah, fasilitator, dan kreator untuk Filipina, Manny Ott juga pencetak gol hebat ketika ada kesempatan muncul, kebanyakan melalui percobaan dari jarak jauh. Dia saat ini punya lima gol internasional untuk Azkals,” tulis Fox Sports Asia dalam artikelnya.

Kehilangan Ott saat melawan Timor Leste mungkin tidak terlalu jadi masalah besar, mengingat lawannya kalah kualitas di atas kertas dan sudah kebobolan 10 gol kala melawan Thailand (0-7) dan Indonesia (1-3).

Pemain kelahiran Munich, 6 Mei 1992 kini berpacu dengan waktu untuk pulih sebelum memainkan laga keempat grup B Piala AFF 2018 melawan juara bertahan lima kali, Thailand, Rabu (21/11). Pasca melawan Thailand, Filipina akan menghadapi Indonesia di Gelora Bung Karno, Minggu (25/11).