BolaSkor.com - Di antara tim-tim peserta Piala Eropa 2020 timnas Spanyol jadi salah tim paling apes terkait pandemi virus corona atau COVID-19. Pelatih Spanyol Luis Enrique dibuat pusing dengan kasus positif COVID-19 dalam timnya.

Sergio Busquets sebelumnya dinyatakan positif virus corona dan menyusul setelahnya Diego Llorente, meski kabar terbaru menuturkan bahwa hasil tes bek Leeds United negatif virus corona.

Kasus positif itu mengubah protokol kesehatan dalam tim. Beberapa pemain dipisahkan dari sesi latihan tim, dimasukkan khusus dalam gelembung pararel agar meminimalisir penyebaran virus corona.

Enrique sampai memanggil kembali beberapa nama ke dalam tim senior Spanyol, serta pemain-pemain dari tim U-21 yang baru menyelesaikan Piala Eropa U-21 ketika melawan Lithuania di laga uji coba.

Baca Juga:

Ancaman Klaster COVID-19 di Timnas Spanyol Dekati Kenyataan

Jelang Bertarung di Piala Eropa, Timnas Spanyol Jalani Vaksinasi COVID-19

Piala Eropa 2020: Ketika Virus Corona Memusingkan Spanyol dan Swedia

Diego Llorente

Diakui oleh Enrique situasi itu membuatnya pusing, sebab eks pelatih Barcelona dan Roma harus menyiapkan rencana alternatif untuk mengantisipasi absennya Busquets dan perubahan formasi dalam timnya.

"Ketika virus masuk, itu hal yang rumit untuk dikelola. Di sini sudah masuk," ucap Enrique dikutip dari Marca. "Meski pun kasus kedua (Llorente) yang mungkin positif palsu, akan lebih baik jika dikonfirmasi."

"Kami telah beradaptasi dengan Rencana B. Jika virus terus menyebar, kami memiliki pemain yang telah bergabung. Saya ingin memuji staf U-21, karena mereka telah mengatur segalanya dalam waktu singkat. Sikap semua orang terpuji."

"Saya memanggil enam pemain (Kepa Arrizabalaga, Raul Albiol, Carlos Soler, Pablo Fornals, Brais Mendez, dan Rodrigo Moreno). Mereka luar biasa. Kemampuan mereka untuk mengubah rencana."

"Dengan liburan ke Cancun yang telah dibatalkan, orang-orang di Mykonos. Mereka semua siap untuk melepaskan liburan mereka dan untuk datang ... tanpa jaminan apapun. Karena saya tidak tahu apakah mereka akan masuk ke (skuad) Piala Eropa 2020."

Menanti Sergio Busquets

Busquets positif tapi Enrique tak mau mencoret namanya dalam skuad La Furia Roja. Gelandang berusia 32 tahun salah satu elemen penting dalam skuad Spanyol, baik secara kualitas atau pengalaman dengan 123 caps dan dua gol.

"Saya akan menunggunya (kepulihan Busquets). Kami semua akan menunggunya. Dia memiliki keuntungan karena dia yang pertama dan masih ada waktu. Dia pasti akan masuk dalam daftar (skuad Spanyol)," tambah Enrique.

"Dia sempurna, tanpa gejala dan bisa berlatih. Dia memiliki rencana pelatihan dan berhubungan dengan staf. Kami berharap itu semua hanya kekhawatiran saja," urainya.

Busquets merupakan salah satu pemain senior yang dipanggil Enrique ke dalam skuad Spanyol selain Jordi Alba, David De Gea, Koke, Thiago, dan Alvaro Morata. Pencoretan yang menjadi kejutan adalah bek pengemas 180 caps Sergio Ramos.