Bagi Cannavaro, Maradona Lebih Tangguh ketimbang Lionel Messi

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 10 Mei 2020
Bagi Cannavaro, Maradona Lebih Tangguh ketimbang Lionel Messi
Lionel Messi dan Diego Maradona (Twitter)

BolaSkor.com - Banyak orang menilai Lionel Messi sebagai pesepak bola terbaik dunia sepanjang masa. Namun bagi Fabio Cannavaro, level megabintang Barcelona itu belum sebanding dengan Diego Armando Maradona.

Cannavaro menganggap Maradona sebagai pesepak bola terbaik yang pernah disaksikannya langsung. Ia sempat mengikuti sepak terjang sang legenda saat memperkuat Napoli pada periode 1984 hingga 1991.

Pada waktu yang hampir bersamaan, Cannavaro muda tengah menimba ilmu di akademi Napoli. Sayang saat dirinya dipromosikan ke tim senior pada 1992, Maradona sudah hengkang ke Sevilla.

Cannavaro punya alasan kuat menetapkan Maradona sebagai yang terbaik di dunia dibanding Messi. Menurutnya, sepak bola lebih sulit dimainkan pada masa Maradona bermain ketimbang saat ini.

Baca Juga:

Era Messi dan Ronaldo Akan Berakhir, Wenger Prediksi Kandidat Pengganti

Lionel Messi Diprediksi Pensiun Jelang Usia 40 Tahun

Marcelo Enggan Bandingkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

"Saya sangat menghormati Messi, dia adalah salah satu yang terbaik di generasi saat ini. Namun Maradona berbeda karena saat itu sepakbola tidak seperti sekarang," kata Cannavaro dikutip dari Sky Sports.

"Dia (Maradona) banyak ditendang oleh lawan, tapi penguasaan bolanya lengket dan dia sangat tangguh."

Diego Maradona

Pada masa Maradona bermain, regulasi terkait proteksi terhadap pemain masih sangat minim. Sementara Messi lebih dilindungi sehingga ancaman dicederai lawan lebih kecil.

Selain itu, lapangan, bola dan sepatu saat Maradona bermain tidak sebagus dan secanggih seperti saat ini. Namun ia tetap dapat mempertontonkan skill individu dengan maksimal.

"Messi itu pemain top, tapi Maradona berada di dunia berbeda. Dia bukan salah satu yang terbaik, tapi yang terbaik," pungkasnya.

Lionel Messi Diego Maradona Fabio Cannavaro Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan