BolaSkor.com - Perdebatan terkait pesepak bola terbaik sepanjang masa tidak ada habisnya. Pandangan menarik kini disampaikan oleh Dani Alves.

Sepak bola selalu bisa melahirkan pemain dengan skill di atas rata-rata pada setiap generasi. Namun tak banyak yang layak dinobatkan sebagai yang terbaik sepanjang masa.

Sejauh ini, ada empat nama yang paling sering diperdebatkan layak menyandang status tersebut. Mereka adalah Diego Maradona, Pele, Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo.

Baca Juga:

Dani Alves Klaim Barcelona seperti Kacang Lupa Kulit

Legenda Brasil Punya Rencana Satukan Marcelo dan Dani Alves

Dani Alves Berpisah Lagi dengan Barcelona

Melejitnya keempat nama tersebut dalam daftar ini bukan tanpa alasan. Maradona, Pele, Messi, dan Ronaldo secara konsisten selama bertahun-tahun menunjukkan level permainan tingkat tinggi.

Keempatnya juga panen gelar baik secara tim maupun individu. Namun tidak ada yang benar-benar dianggap lebih baik dari yang lainnya.

Sebagai orang Brasil, wajar jika Alves memilih Pele sebagai yang terbaik dunia. Hal yang sama berlaku jika Messi menjadi pilihannya karena berstatus mantan rekan setim.

Namun Alves menolak membandingkan Pele dan Messi. Menurutnya, kedua sosok itu punya level yang berbeda.

"Saya memilih Pelé karena sepak bola telah berubah dan Messi mengubah satu generasi. Namun setiap orang yang saya anggap lebih dari sekadar sepak bola, saya akan tetap bersama mereka," kata Alves kepada ESPN.

"Siapa pemain terbaik dalam sejarah? Messi. Namun bagi saya, Pele tidak cocok dan tidak boleh masuk dalam perdebatan itu."

Membandingkan siapa yang lebih hebat dibandingkan Messi dan Pele memang sangat sulit. Hal itu karena keduanya ada di era yang berbeda.

Namun dari pernyataan Alves, ia menilai lebih sulit untuk menjadi yang terbaik di dunia pada era Pele. Sementara Messi meski bakatnya tak perlu diragukan, tetapi ikut terbantu dengan kemajuan zaman dan teknologi.