Bagus Kahfi Ungkap Perbedaan Latihan di Eropa dengan Indonesia

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Kamis, 05 November 2020
Bagus Kahfi Ungkap Perbedaan Latihan di Eropa dengan Indonesia
Amiruddin Bagas Kaffa (PSSI)

BolaSkor.com - Amiruddin Bagus Kahfi mengungkapkan, perbedaan latihan sepak bola di Indonesia dan Eropa. Menurut Bagus Kahfi hal yang paling sangat membedakan latihan adalah fasilitas. Menurutnya fasilitas di Eropa sangat lengkap berbeda dengan di Indonesia.

Hal tersebut dirasakan Bagus ketika menimba ilmu di Inggris saat mengikuti program Garuda Select. Adik kandung dari Bagas Kaffa ini mengaku kemampuannya bertambah karena latihan, makanan, hingga jam istirahat yang diatur dengan sangat baik.

"Yang saya rasakan di sini fasilitas dan makanan terjaga semua. Bakalan menjadi pengalaman tak terlupakan, karena awalnya tak pernah menyangka bisa ke Inggris. Yang saya rasakan di Indonesia jarang sekali namanya Gym. Mungkin bisa dibilang tak pernah ke gym gak tahu kenapa, saya main bola terus," ujar Bagus.

Baca Juga:

Bagus Kahfi Sembuh, Irfan Jauhari Tak Sabar dengan Trio Jawa Tengah di Timnas Indonesia U-19

Tepis Kabar Kepindahan ke FC Utrecht, Bagus Kahfi: Saya Hanya Penyembuhan Saja

"Akhirnya di sini dikenalkan dengan gym, sebelum latihan harus peregangan di gym, setelah latihan juga di gym lagi, itu sangat bagus. Saya merasa lebih kuat dan enak saja," tambahnya.

Pemain yang saat ini sedang melakukan penyembuhan di FC Utrecht ini menyoroti fasilitas latihan yang berbeda jauh antara Indonesia dan Eropa. Bagus menilai di Eropa sang pemain bisa dapat berlatih dengan mudah karena fasilitas sudah tersedia.

"Di sini lebih bagus. Karena sebelah lapangan ada gym tinggal jalan saja, tidak perlu pakai mobil. Fasilitasnya di sini luar biasa," ungkapnya.

Bagus pun memberikan tips kepada para pemain di Indonesia yang ingin bermain di Eropa. Salah satu hal yang ia katakan adalah pemain harus berani mengambil resiko untuk bisa hidup mandiri dan jauh dari keluarga.

"Pesan saya jangan sering kangen sama orang tua, harus bisa jauh dari orang tua, kampung halaman, dan rumah. Pokoknya jangan sia-siakan masa muda kalian, kalau bisa ke mana saja, kalau bisa keliling dunia kenapa tidak? Ini jadi pengalaman dan perjalanan luar biasa," pungkasnya.

Timnas Indonesia U-19 Timnas indonesia u-20 Bagus Kahfi Amiruddin Bagus Kahfi Garuda Select Breaking News
Posts

4.871

Bagikan