Bahas Kegagalan Italia, Presiden FIFA Singgung Piala Dunia Dua Tahunan

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 01 April 2022
Bahas Kegagalan Italia, Presiden FIFA Singgung Piala Dunia Dua Tahunan
Presiden FIFA, Gianni Infantino (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Italia dipastikan gagal berlaga di putaran final Piala Dunia 2022. Fakta tersebut turut mendapat perhatian presiden FIFA, Gianni Infantino.

Infantino memang berstatus sebagai warga negara Swiss. Namun darah Italia juga mengalir dalam tubuhnya.

Wajar jika ia ikut merasakan duka masyarakat Italia terkait kegagalan ini. Apalagi Gli Azzurri juga absen pada gelaran Piala Dunia 2018 silam.

Baca Juga:

Piala Dunia Hambar Tanpa Timnas Italia

Giorgio Chiellini Beri Isyarat Pensiun dari Timnas Italia

Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022, Bagaimana Kondisi Mental Timnas Italia?

“Untuk semua orang Italia. hasil ini menyedihkan. Saya benar-benar ingin menangis," kata Infantino kepada Rai Sport.

“Saya berpikir kembali ketika saya masih kecil, emosi menonton Piala Dunia 1978 dan 1982. Inilah hal-hal yang membuat Anda jatuh cinta pada sepak bola."

Terlepas dari sisi emosional, absennya Italia juga berdampak buruk bagi FIFA. Nilai komersial dari gelaran Piala Dunia 2022 tentu akan menurun tanpa kehadiran tim asuhan Roberto Mancini tersebut.

Caption

Menariknya, Infantino mengaitkan kegagalan Italia ini dengan rencana penyelenggaraan Piala Dunia menjadi dua tahun sekali. Jika regulasi ini diterapkan, publik Negeri Pizza tidak perlu menunggu lama untuk melihat tim pujaannya berlaga di Piala Dunia.

"Ini adalah Piala Dunia kedua berturut-turut di mana Azzurri tidak berpartisipasi. Jika lolos ke Piala Dunia berikutnya, itu berarti mereka harus menunggu selama 12 tahun," tambahnya.

“Sedih bagi anak-anak Italia, tetapi inilah situasinya. Hanya 32 tim yang bisa lolos dan untuk sekarang, Piala Dunia masih berlangsung setiap empat tahun."

Pernyataan terakhir Infantino tersebut punya arti terselubung. Ia tampak berharap Italia mendukung rencana FIFA untuk menggelar Piala Dunia setiap dua tahun sekali.

Gagasan ini memang mendapat penolakan besar dari banyak pihak. Gengsi Piala Dunia dianggap akan berkurang dan kesehatan pemain juga terancam karena melakoni pertandingan lebih banyak.

Timnas Italia Fifa Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Gianni Infantino Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan