Bahas Struktur Man United, Van Gaal Nilai Orientasi Red Devils Mengarah ke Komersil

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 27 Maret 2019
Bahas Struktur Man United, Van Gaal Nilai Orientasi Red Devils Mengarah ke Komersil
Louis van Gaal (Zimbio)

BolaSkor.com - Mantan manajer Manchester United, Louis van Gaal, membahas soal struktur Red Devils yang dianggapnya tidak fokus mengejar target (sukses) sepak bola, melainkan komersil. Menurutnya, Sir Alex Ferguson juga kesulitan dengan hal tersebut.

Van Gaal, yang baru-baru ini pensiun dari sepak bola, pernah menjadi manajer Man United pada medio 2014-2016. Dalam kurun waktu dua tahun di sana, Van Gaal mempersembahkan satu titel Piala FA dan membawa klub finish di urutan empat serta lima di Premier League.

Lelaki berusia 67 tahun asal Belanda dipecat setelah dinilai manajemen tidak mampu mengangkat performa tim. Jose Mourinho melanjutkan pekerjaannya di Man United - sebelum akhirnya diganti kembali dengan Ole Gunnar Solskjaer Desember lalu.

Van Gaal merupakan salah satu 'korban eksperimen' manajer Man United selepas era Sir Alex Ferguson berakhir tahun 2013. Dia, David Moyes, Jose Mourinho, dinilai tidak berhasil menjaga level permainan United untuk kembali ke habitatnya: bertarung merebutkan titel Premier League.

Baca Juga:

Punya Banyak Sisi Positif, Solskjaer Didukung Jadi Manajer Permanen

Manchester United Cari Jalan Pintas untuk Dapatkan Hirving Lozano

Virus FIFA Paling Parah Melanda Pemain-pemain Manchester United

Louis van Gaal dan Ed Woodward

Menyoal kondisi tersebut, mantan pelatih Ajax Amsterdam, Barcelona, Bayern Munchen, dan timnas Belanda itu memberikan kritikan kepada struktur direksi Manchester Merah. Ada yang tidak benar di dalamnya.

Saat ini, kontrol sepenuhnya dipegang oleh Ed Woodward, Executive Vice-Chairman Man United. Namun menurut Van Gaal, United seharusnya punya Direktur Teknik (Olahraga) dengan latar belakang sepak bola atau setidaknya punya pengalaman di bidang itu, bukan banker.

"Saat ini ada struktur dengan divisi pencari bakat dan di atasnya ada seseorang, di tangan kanan (Ed) Woodward," tutur Van Gaal kepada BBC Sport.

"Strukturnya tidak begitu buruk, tapi tangan kanan (kepercayaan) haruslah Direktur Teknik dengan (latar belakang) sepak bola, bukan seseorang dengan peran banker."

"Sayangnya, kita sedang berbicara mengenai klub yang komersil, bukan klub sepak bola. Saya telah berbicara kepada (Sir Alex) Ferguson mengenainya dan di tahun terakhirnya (melatih United), dia juga punya masalah denganya," ungkap Van Gaal.

Tentu saja ungkapan dari Van Gaal itu membuat fans kecewa. Mereka menginginkan sebuah trofi prestisius seperti Premier League dan Liga Champions, bukan peningkatan pendapatan tiap tahunnya hingga puas dengan hanya duduk di zona Liga Champion.

Breaking News Manchester United Louis van Gaal Sir Alex Ferguson Ed Woodward
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.167

Bagikan