BolaSkor.com - Penunaan suatu hal alamiah yang tidak bisa dilawan oleh seluruh manusia di dunia ini, sepak bola pun bukan pengecualian. Dua megabintang seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tidak lagi muda, cepat atau lambat keduanya akan pensiun.

Warisan keduanya dalam sejarah sepak bola Eropa sangat besar. Persaingan mereka pernah menghibur fans dan menyenangkan melihat keduanya bersaing jadi yang terbaik di dunia dengan klubnya masing-masing.

Ronaldo kini sudah berusia 37 tahun dan Messi 35 tahun, keduanya masih sering dibandingkan meski era mereka telah jauh berakhir. Meski begitu mereka masih aktif bermain dan masih ada peluang pemecahan rekor baru.

Seperti yang dilakukan Messi kala baru ini mencetak dua gol untuk Argentina kala menang 3-0 atas Jamaika di laga uji coba. Dua golnya itu semakin memastikan namanya ada di urutan teratas top skorer sepanjang masa Argentina dengan 90 gol, di bawahnya ada Gabriel Batistuta dengan 55 gol.

Baca Juga:

Ada Udang di Balik Batu, Alasan Barcelona Jarang Mainkan Gerard Pique

Petinggi Barcelona Benarkan Misi Bawa Pulang Lionel Messi

Kabar Baik untuk Barcelona, Lionel Messi Enggan Perpanjang Kontrak dengan PSG

Penilik tujuh Ballon d'Or akan jadi tumpuan utama Argentina untuk menjadi yang terbaik di Piala Dunia 2022. Seperti halnya pemain legendaris lainnya, Messi pun akan pensiun dan jika saat itu tiba, Lionel Scaloni menilai dampak Messi akan seperti Roger Federer.

"Apa yang terjadi ketika (Federer) pensiun?" tanya Scaloni kepada wartawan, seperti dikutip dari Goal.

"Semua orang emosional dan semua orang berpikir, 'Dia tidak di sini lagi, dia tidak akan bermain lagi'. Berapa banyak dari kita yang ingin melihat Federer bermain tenis? Sangat menyenangkan melihatnya bermain. Dan hal yang sama akan terjadi dengan (Messi)."

Roger Federer pensiun pada usia 41 tahun setelah menggeluti karier profesional sebagai petenis sejak 1998. Air mata mengucur dari mata pemenang 20 Grand Slam pada pertandingan perpisahannya melawan sang rival, Rafael Nadal.