BolaSkor.com - Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mulai melakukan tes swab rutin ke beberapa pemusatan latihan nasional (pelatnas). Langkah ini diambil dari bagian protokol kesehatan di masa pandemi virus corona.

Pelatnas BMX Indonesia sudah mendapat giliran tes swab. Kemenpora menyambangi tempat menginap para atlet BMX di Yogyakarta, Senin (12/10).

Seluruh atlet dan staf pelatih diwajibkan mengikuti tes swab. Selain itu, aturan ketat juga diterapkan selama pelatnas di mana para atlet tak boleh keluar atau dikunjungi sembarangan.

Baca Juga:

Jelang Hari Sumpah Pemuda, Menpora Minta Pembinaan Usia Dini Digenjot

Peringati Haornas di Masa Pandemi, Kemenpora Adakan Lomba Virtual

“Ini sangat luar biasa karena kita juga jadi tahu bagaimana kondisi kita. Selama ini tidak tahu akan seperti apa, jadi bersyukur ada tes ini,” ujar atlet BMX Indonesia, I Gusti Bagus Saputra.

Pelatnas BMX tetap dihelat di masa pandemi virus corona demi memersiapkan target lolos ke Olimpiade Tokyo 2020. Bagus merupakan satu di antara atlet yang berkesempatan tampil pada ajang empat tahunan tersebut.

“Saat ini, masih harus geser empat atau enam negara, baru bisa lolos ke Olimpiade, Tantangannya karena ada pengurangan, dari 34 ke 24 slot di Olimpiade ini kalau tidak salah untuk nomor men elite,” ujar Bagus.