Bakal Calon Ketum PSSI Boleh Daftar meski KP Belum Terpilih, Ini Penjelasannya

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 12 Januari 2023
Bakal Calon Ketum PSSI Boleh Daftar meski KP Belum Terpilih, Ini Penjelasannya
Logo PSSI. (PSSI)

BolaSkor.com - PSSI menjelaskan mengapa bakal calon Ketua Umum (Ketum) PSSI bisa mendaftarkan untuk pemilihan Ketum dan Exco PSSI periode 2023-2027, meski Komite Pemilihan (KP) belum terbentuk.

Sebelumnya, dalam proses normal, bakal calon Ketum dan Exco PSSI boleh mendaftar jika KP sudah terbentuk. Selama waktu 3 bulan, KP akan mengkaji syarat bakal calon Ketum dan Exco PSSI.

Selama 3 bulan itu akan diputuskan calon Ketum dan Exco PSSI memenuhi syarat atau tidak. Jika tidak, KP memberi waktu untuk memenuhi syarat yang kurang atau tidak sah.

Baru setelah itu, KP mengumumkan calon Ketum dan Exco PSSI yang lolos dan siap untuk dipilih voters lewat kongres pemilihan.

Baca Juga:

Timnas Indonesia Gagal ke Final AFF, Ketum PSSI: Mari Tatap Piala Asia dan Piala Dunia U-20

Pemain Timnas Indonesia Kembali ke Klub, Ketum PSSI: Tetap Semangat, Kejar Prestasi Lebih Baik Lagi

Namun, FIFA menginginkan kongres pemilihan dipercepat menjadi tanggal 16 Februari 2023. Alhasil, bakal calon Ketum dan Exco PSSI bisa mendaftar walaupun KP belum terpilih lewat Kongres Tahunan PSSI pada 14 Januari mendatang.

FIFA sudah menyetujui hal itu. Tugas KP diambil kesekjenan PSSI di bawah Sekjen Yunus Nusi.

“Bahwa surat FIFA yang mempercepat Kongres yang permohonan PSSI itu di bulan Maret oleh FIFA kan dipercepat di 16 Februari. Kami sampaikan lalu bagaimana cara kerja tahapan sampai menuju kepada pemilihan yang sementara ini Kongres belum memilih Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan,” ujar Yunus Nusi.

“Oleh FIFA, waktu itu disampaikan tidak apa-apa, bahwa proses tahapan dilaksanakan oleh kesekjenan, pada waktunya nanti komite pemilihan terpilih semua langsung diambil oleh Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan bahwa ini tentu tidak terlepas dari approval FIFA, tidak ada masalah karena diawali hanya tahapan proses administasi, maka yang akan menampung semua korespondensi tentang tahapan kesekjenan.”

“Pada tanggal 14 terpilih Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan, kesekjenan langsung menyerahkan keseluruhan berkas dan pelaksanaan Kongres Pemilihan diserahkan sepenuhnya kepada Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan.”

Kongres Pemilihan Ketum dan Exco PSSI periode 2023-2027 bakal digelar pada 16 Februari 2023.

Pssi Yunus Nusi Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.014

Bagikan