Balas Dendam Madrid Terkait Guard of Honour di Clasico, Ini Penjelasan Valverde

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 06 Mei 2018
Balas Dendam Madrid Terkait Guard of Honour di Clasico, Ini Penjelasan Valverde
Ernesto Valverde punya jawaban sederhana terkait keramaian guard of honour Clasico (Getty Images)

BolaSkor.com - Selalu ada cerita jika berbicara tentang El Clasico, pertemuan akbar antara dua raksasa Spanyol, FC Barcelona dan Real Madrid. Begitu juga Clasico yang berlangsung Senin, 7 Mei 2018 pukul 01.45 dini hari WIB, di Camp Nou. Tidak ada lagi titel yang dipertaruhkan, guard of honour pun dipermasalahkan.

Seperti yang telah diketahui, Barca sudah dinahbiskan sebagai jawara La Liga 2017/18 pasca mengalahkan Deportivo La Coruna akhir pekan lalu dengan skor 4-2. Jadi, El Clasico nanti hanya mempertaruhkan gengsi kedua tim. Bagi Barca, menjaga status tidak pernah kalah. Sedangkan untuk Madrid, mencoba untuk mengakhiri musim di peringkat dua dengan merebut posisi Atletico Madrid.

Guard of honour sedianya sebuah bentuk penghargaan untuk pahlawan dalam dunia militer. Dalam sepak bola, guard of honour diberikan (biasanya) kepada juara liga yang baru saat kompetisi masih berlangsung, dengan barisan yang dibentuk lawan seraya memberi aplaus kepada pemain yang masuk ke dalam lapangan pertandingan.

Barca berstatus juara La Liga. Namun, Zinedine Zidane bersikukuh kepada keputusannya, agar Madrid tidak melakukan guard of honour untuk Barca di Camp Nou. Ia beralasan, hanya membalas respon Barca yang juga tidak melakukannya kala Madrid menjuarai Piala Dunia Antarklub.

"Bukan saya yang menentukan (guard of honour), setelah Piala Dunia Antarklub, saya paham hal itu tidak penting untuk mereka (Barcelona) lakukan. Beberapa orang berkata mereka tidak bermain di dalamnya, tapi itu bohong. Anda harus memenangi Liga Champions untuk bermain di Piala Dunia Antarklub dan kita semua bermain di Liga Champions," tutur Zidane.

Menanggapi hal tersebut, Ernesto Valverde, pelatih Barca, memberikan penjelasannya. Menurutnya, tidak akan habis membahas soal guard of honour, karena Valverde menganggap sikap Barcelona kala itu tidak seharusnya dipermasalahkan.

"Saya tidak melihatnya seperti itu (anggapan timnya tidak hormat dengan guard of honour). Kita semua sudah banyak membicarakannya. Ini sesuatu hal, yang pastinya, tidak peduli berapa banyak Anda berbicara, tidak jadi masalah," jawab Valverde, dilansir dari Marca, Minggu (6/5).

"Bagi saya baik-baik saja, begitu saja. Kami tidak terlalu menjadikannya hal penting. Ada begitu banyak pembicaraan sampai tampaknya, Anda melakukan survei. Saya percaya ini jauh lebih sederhana. Di antara rival lansgung, ini lebih masuk akal," pungkasnya.

Breaking News El clasico Real Madrid FC Barcelona Ernesto Valverde
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.167

Bagikan