Bale dan Gunter Pecahkan Rekor Dua Legenda Timnas Wales, Rush dan Speed

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 23 Maret 2018
Bale dan Gunter Pecahkan Rekor Dua Legenda Timnas Wales, Rush dan Speed
Gareth Bale pecahkan rekor Ian Rush (Getty Images)

BolaSkor.com - Laga perdana Ryan Giggs sebagai pelatih Timnas Wales berakhir dengan satu kata: sempurna. Tidak hanya Wales menang telak 6-0 atas tuan rumah China Cup 2018, Timnas Tiongkok, yang diasuh pelatih sarat pengalaman, Marcelo Lippi. Ada juga dua rekor yang pernah dicatatkan legenda sepak bola Wales pada laga tersebut.

Rekor pertama dipecahkan penyerang sayap Real Madrid, Gareth Bale, yang melesakkan hattrick ke gawang Tiongkok. Hattrick ini jadi yang pertama untuk pemain Wales sejak Robert Earnshaw melakukannya pada tahun 2004, ketika tiga kali beruntun membobol gawang Skotlandia.

Tiga gol tambahan dari Bale menambah torehan golnya untuk tim berjuluk The Dragons menjadi 29 gol. Jumlah golnya itu sudah melebihi 28 gol Ian Rush, sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Wales. Bale melakukannya dari total 69 pertandingan, sedangkan Rush 66 pertandingan.

"Apa lagi yang bisa Anda katakan mengenai 'Baleo', memecahkan rekor seseorang seperti Ian Rush? Ian Rush merupakan salah satu pencetak gol terhebat yang pernah hidup. Pencapaiannya benar-benar fantastis. Dia mengangkat semua orang karena itu faktor X-nya. Dia bisa melukai seluruh tim di dunia," ucap Giggs memuji Bale, diberitakan BBC Sport, Jumat (23/3).

"Pernah sekali dalam hidup saya berpikir rekor ini takkan bisa dikalahkan. Jadi, momen ini sangat fantastis bagi Gareth dan dia sepenuhnya pantas mendapatkannya." Bale pun merasa terhormat dapat memecahkan rekor tersebut. "Saya pikir ketika saya masih kecil, saya tak pernah memimpikan menjadi pemecah rekor untuk Wales. Ini kehormatan yang sungguh teramat besar."

Seluruh gol dari Bale itu bermula pada Oktober 2006, kala ia masih berusia 17 tahun dan melesakkan gol via tendangan bebas ke gawang Slovakia. 10 tahun berselang, ia juga menjadi gol pertama Wales di turnamen besar sejak partisipasi mereka di turnamen besar terjadi pada tahun 1958.

Standar dari Bale jelas masih bisa bertambah, mengingat usianya kini masih berumur 28 tahun. Gol-gol darinya masih akan lahir untuk Wales dan dikenang dalam sejarah sepak bola Wales.

Rekor berikutnya yang pecah adalah rekor penampilan caps terbanyak kedua Wales, yang dicatatkan Gary Speed sebelumnya pada periode 1990-2004, dengan total 85 penampilan. Rekor itu dipecahkan full-back berusia 28 tahun, Chris Gunter, yang sudah mulai membela Wales sejak tahun 2007.

Gunter telah mencatatkan 86 caps dan terpaut enam penampilan dari rekor penampil terbanyak sepanjang masa Wales di medio 1982-1997, Neville Southall. Enam penampilan jelas jumlah yang sedikit, mengingat konsistensi pemain yang bermain di Reading tersebut.

Penilik nama lengkap Christopher Ross Gunter selalu menghiasi pemanggilan skuat Timnas Wales. Siapapun pelatihnya di masa lalu. Gunter dapat bermain baik sebagai bek kiri atau kanan, dan kemampuannya itu disukai pelatih.

Giggs juga tidak lupa memberikan pujiannya kepada pemain kelahiran Newport, 21 Juli 1989 itu. "Pencapaian tersebut hebat untuk Chris, dia sudah jadi penampil konsisten bagi Wales," imbuh Giggs memuji Gunter.

Rekor yang dipecahkan Bale dan Gunter jelas menjadi lembaran baru bagi Wales di era Giggs. Jika dua tahun silam sukses lolos ke Euro 2016 dan menjadi tim kejutan. Maka Wales saat ini jadi kekuatan yang tidak bisa dipandang sebelah mata di Eropa.

Timnas Wales Ryan Giggs Gareth Bale Ian Rush
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan