Bali United Bakal Gabung IBL, Putra Daerah Angkat Bicara

Andhika PutraAndhika Putra - Senin, 21 September 2020
Bali United Bakal Gabung IBL, Putra Daerah Angkat Bicara
Cokorda Raka Satrya Wibawa

BolaSkor.com - Mantan pebasket tim nasional Indonesia, Cokorda Raka Satrya Wibawa, mendukung penuh langkah Bali United ikut Indonesia Basketball League (IBL) 2021. Soal kans putra daerah berseragam Serdadu Tridatu, hal itu sepenuhnya jadi keputusan manajemen Bali United.

Cokorda Raka termasuk putra Bali yang menanti keberadaan tim lokal putra di kompetisi basket nasional. Meski Bali rutin mensuplai pemain sejak era Kobatama, belum ada klub Pulau Dewata yang berpartisipasi.

Cokorda Raka kala itu harus merantau untuk menjadi pebasket profesional. Dia sudah gabung Aspac sejak tahun 1995. Kemudian pebasket bertinggi 204 sentimeter ini membela Satria Muda, Citra Satria hingga Garuda Bandung.

Andai Bali United terpilih jadi kontestan IBL 2021, ini menjadi angin segar bagi pebasket Bali. Paling tidak, sekarang ada opsi menjadi pemain profesional tanpa harus merantau.

"Sekarang talenta-talenta dari Bali tidak harus merantau ke luar daerah kalau ingin terjun ke basket profesional, karena ada Bali United yang bisa jadi opsi terdekat," terang Cokorda Raka.

Baca Juga:

Manajer Timnas Basket Indonesia Setuju Kualifikasi FIBA Asia Ikuti NBA

Naturalisasi Lester Prosper dan Brandon Jawato Mundur ke Akhir September

Namun, mantan pelatih Satria Muda ini juga melihat Bali United sebagai klub profesional. Perekrutan pemain tentu didasari kemampuan pemain, bukan sekadar status sebagai putra daerah.

Begitu pula dengan para pebasket profesional asal Bali. Tak ada keharusan untuk kembali. Saat ini, ada beberapa pemain asal Bali yang aktif di IBL bersama klub-klub nasional.

"Ini kan klub profesional. Jadi tidak ada keharusan pemain Bali yang bermain di luar Bali untuk pulang membela Bali United. Begitu juga sebaliknya. Ini menjadi keputusan manajemen Bali United. Mereka yang punya wewenang untuk itu," tutur Cokorda Raka.

Bali United kini masih menunggu keputusan dari IBL, tentang dua klub baru yang diikutkan pada musim 2021. Selain Bali United, ada tiga klub lain yang juga mencalonkan diri sebagai peserta musim 2021. IBL akan melakukan pengumuman pada awal Oktober mendatang. (Laporan kontributor Putra Wijaya/Bali)

Breaking News Basket Cokorda Raka Satrya Wibawa
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan