BolaSkor.com - Gelandang asal Brasil, Diego Assis kembali jadi sorotan setelah Bali United dikalahkan Barito Putera 0-2 pada laga uji coba di Lestarindo Sport Garden, Boyolali, Jumat (18/6). Diego tak memberi kontribusi maksimal selama tampil 88 menit.

Diego Assis tak memberi warna berbeda ketika main dari menit pertama. Justru Muhammad Sidik Saimima dari sayap kanan terlihat lebih agresif. Begitu pula dengan Hariono dan Taufiq yang mengendalikan lini tengah, serta Gavin Kwan Adsit dari sektor sayap kiri.

Serangan dari sayap cukup hidup berkat bantuan maksimal dua bek sayap, I Made Andhika Wijaya dari kanan serta I Gede Agus Mahendra dari kiri. Keduanya kerap jauh meninggalkan posnya untuk merangsek ke depan.

Baca Juga:

Madura United Pantau Kebugaran Rafael Silva di Laga Uji Coba

Robert Alberts Kesulitan Tentukan Skuat Utama Persib di Liga 1 2021

Diego Assis pun semakin jauh dari kata cukup untuk menggantikan peran Paulo Sergio. Pada musim 2019 lalu, agresivitas Paulo mampu menghidupkan lini tengah. Dia pun kerap melancarkan umpan matang yang membantu para penyerang mencetak gol.

Kontribusi Diego begitu tertinggal dari gelandang anyar milik Barito Putera, Rafinha. Mantan pemain Sao Paulo ini sukses mencetak dua gol kemenangan timnya atas Bali United.

Jelas situasi ini langsung direspon keras para suporter. Desakan agar Diego diganti terus memenuhi setiap postingan di media sosial Bali United. Mereka menyerukan tagar #DiegoOut di instagram hingga grup facebook fans Bali United.

Bali United pun coba mengambil hal positif dari setiap pertandingan. Termasuk ketika kalah dari Barito Putera 0-2. Pelatih fisik Bali United, Yogi Nugraha mengatakan rangkaian uji coba bertajuk "Tour de Jva" memang bagian dari evaluasi tim.

"Dalam tour de Java ini, kita sudah memberikan kesempatan pada seluruh pemain yang kita boyong. Tidak ada muda, tua maupun asing. Semua kita berikan kesempatan," terang Yogi Nugraha, Jumat (18/6) malam.

Yogi mewakili tim pun minta maaf ketika Bali United harus kalah dari Barito Putera. Bila melihat performa tim pada laga ini, para pemain sudah kerja keras untuk menjalankan instruksi tim pelatih.

"Hasil hari ini memang tidak baik, tapi dari segi taktik yang kami berikan, mereka sudah menjalankan. Itu adalah progres dari pertandingan ke pertandingan," jelas Yogi.

"Kita sudah beri kesempatan keseluruhan. Ini menjadi evaluasi untuk tim dalam menghadapi Liga 1 dan Piala AFC yang sampai sekarang masih kita tunggu jadwal resminya," imbuhnya.

Ini menjadi kekalahan pertama dari empat uji coba di Pulau Jawa. Sebelumnya, Bali United mencatatkan kemenangan 2-1 atas PSIM Jogja serta Persis Solo. Satu laga lain lawan PSIM berakhir imbang 1-1.

Agenda tim berikutnya, Bali United batal bertahan lebih lama di Pulau Jawa setelah jadwal Piala Walikota Solo diundur. Fadil Sausu dkk. pulang ke Bali pada Sabtu (19/6). Tim akan menunggu kepastian jadwal Piala AFC 2021.

Pada jadwal awal, fase grup zona Asia Tenggara akan dihelat pada 30 Juni hingga 6 Juli 2021. Hanya saja, hingga saat ini, federasi sepak bola Asia, AFC, belum menetapkan tuan rumah untuk tiga grup zona Asia Tenggara. (Laporan Kontributor Putra Wijaya/Bali)