BolaSkor.com - Bali United memaklumi kenaikan berat badan yang terjadi pada bek asal Brasil, Willian Pacheco. Situasi kurang bagus di Brasil membuat bek bertinggi 194 sentimeter tersebut tak dapat latihan dengan maksimal.

Brasil merupakan salah satu negara dengan jumlah penderita virus corona paling banyak. Ada jutaan warga Brasil yang diketahui positif virus corona. Pandemi ini merenggut nyawa puluhan ribu warga Brasil.

Situasi ini membuat para pesepakbola Brasil tak bisa berlatih maksimal. Termasuk salah satunya Pacheco yang pulang ke Brasil sejak awal April lalu. Ketika balik ke Bali, berat badan Pacheco naik.

Baca Juga:

Eks Persija Anan Lestaluhu Pamit Hengkang dari Bali United

Persija Jakarta Dapat Restu Bupati Bantul untuk Gunakan Stadion Sultan Agung

"Kita tahu situasi Brasil membuat Pacheco tidak bisa latihan. Ada banyak orang yang terkena corona di Brasil, banyak yang meninggal. Saya pikir tidak masalah, karena kesehatan tetap yang utama. Percuma punya kondisi bagus tapi sakit," terang pelatih fisik Bali United, Yogi Nugraha.

Secara keseluruhan, para pemain cukup disiplin dalam menjaga berat badannya. Hanya tiga hingga empat pemain saja yang mengalami kenaikan berat badan. Soal kondisi fisik yang menurun, Bali United masih punya waktu panjang untuk mempersiapkan diri.

"Kita tahu tim libur cukup panjang, sekitar tiga hingga empat bulan. Banyak pemain kondisinya menurun. Ini wajar, hal lumrah. Makanya ada persiapan, pemain kita maksimalkan dalam waktu ideal untuk persiapan AFC," tutur Yogi.

Fisik menjadi fokus utama dalam materi latihan pekan ini. Setelah itu, program mulai dipecah ke teknik dan taktik, meski peningkatan kondisi tetap jalan hingga empat pekan ke depan.

Bali United punya waktu sekitar 50 hari untuk mempersiapkan diri menuju Piala AFC 2020. Skuat besutan Stefano Cugurra akan menghadapi wakil Filipina, Ceres Negros pada 23 September 2020. (Laporan kontributor Putra Wijaya/Bali)