BolaSkor.com – Pensiunnya Bambang Pamungkas dari dunia sepak bola menyita banyak perhatian publik. Tidak terkecuali para pemain sepak bola yang pernah bermain bersama dengan pemain yang identik dengan nomor 20 itu.

Salah satu contohnya ialah Kurniawan Dwi Yulianto. Sempat bermain bersama di Persija Jakarta dan Timnas Indonesia, siapa sangka keduanya ternyata saling mengagumi. Bahkan alasan Bepe menggunakan nomor 20 karena nomor 10 terlebih dahulu digunakan oleh Kurniawan.

Ketika mendengar kabar Bepe pensiun, Kurniawan pun memberikan pesan dan sedikit bercerita tentang bagaimana sosok Bepe dimatanya. Si kurus ini berterima kasih kepada Bepe karena sudah menjadi role model bagi pesepak bola di seluruh tanah air.

Bambang Pamungkas. (Media Persija)

Happy retirement brader, terima kasih sudah menjadi role model bagi hampir seluruh pesepak bola di negeri ini. Terima kasih telah menginspirasi hampir seluruh anak muda yang bercita-cita menjadi pesepak bola,” kata Kurniawan ditulis di akun Instagram-nya.

“Tetaplah berkarya, tetaplah menjadi Bepe yang saya kenal. Seorang profesional sejati, seorang idealis dan selalu berdiri di atas kebenaran. Tetaplah konsisten bahwa kebenaran tak bisa diperjual belikan. Aku bangga karo kowe Mbeng,” tambahanya.

Selain Kurniawan, legenda sepak bola lainnya yang sekarang jadi pelatih Timnas Indonesia seperti Fakhri Husaini dan Bima Sakti pun ikut mengomentari pensiunnya seorang legenda Persija Jakarta tersebut.

“Pemain yang saya kenal sangat idealis (nggak mau diajak tarkam), sangat peduli sesama pemain (nggak mau terima gaji duluan, kalau pemain lain juga belum gajian) dan selalu menjadi idola bahkan anak-anak saya juga sangat mengidolakannya. Terimakasih Bepe atas dedikasinya untuk sepak bola Indonesia, terus menjadi inspirasi dan berkarya buat sepak bola Indonesia, semoga selalu sehat dan sukses,” tulis Bima Sakti.

Bambang Pamungkas. (Media Persija)

“Bambang Pamungkas (BP) adalah salah satu dari sedikit pemain hebat, dengan prestasi tinggi, dan sangat layak menjadi panutan, sekaligus teladan. Masuk menjadi salah satu "best 11" pemain impiannya dalam buku pemain hebat ini, tentu merupakan penghargaan tersendiri bagi saya,” ujar Fakhri Husaini.

“Selamat menjalani pensiun, BP, selamat menikmati karier keduanya. Terima kasih untuk penampilan hebatnya, gol-gol indah dan spektakulernya, sikap santun, selalu menjunjung tinggi sportivitas, serta senantiasa memiliki rasa hormat di dalam dan di luar lapangan. Indonesia akan selalu mengenangmu, merindukanmu.”

Sementara satu pemain yang dikenal sebagai junior Bepe di Timnas Indonesia, Boaz Solossa pun terlihat sedih ketika sang senior harus gantung sepatu. Kapten Persipura Jayapura ini menyebutkan bahwa Bepe merupakan sosok panutan untuk para junior di Timnas Indonesia.

“Kaka Bepe legenda terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Terima kasih buat dedikasinya selama ini di sepakbola indonesia. Kaka adalah panutan kami adik-adik di Indonesia Tuhan memberkati kaka selalu,” tutur Boaz.

Bepe dikenal memang sebagai pesepak bola yang memiliki idealis yang kuat. Bahkan bisa dibilang sosok Bepe dikenal dengan pemain yang tidak memiliki haters karena sikapnya yang santun dan sangat mengayomi pemain lain.

Selamat menikmati teh panas tanpa gula di pagi hari, Legenda.