BolaSkor.com - Eks kapten Timnas Indonesia, Agung Setyabudi memuji kepedulian Kaesang Pangarep terhadap Persis Solo. Agung ingin tahun ini menjadi awal dari kebangkitan Laskar Sambernyawa di kancah sepak bola Nasional.

Agung Setyabudi merupakan sosok yang turut berperan dalam mengangkat Persis Solo pada 2005 lalu. Sepulang membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2004, Agung secara mengejutkan pulang kampung membela Persis Solo.

Padahal pada era itu Agung masih jadi bagian penting dari tim kasta tertinggi, PSIS Semarang. Namun, Agung rela turun ke Divisi Dua atau kompetisi kasta ketiga Indonesia demi membela tim kampung halamannya.

Kepulangan Agung Setyabudi kala itu terbukti manjur. Setelah membawa Persis Solo promosi ke Divisi Satu 2006, semusim berikutnya Persis Solo dibawanya promosi ke Divisi Utama 2007 atau kasta tertinggi sepak bola nasional.

Baca Juga:

Siapkan Kejutan, Dewa United FC Kembali Lirik Dua Pemain Liga 1

Pelatih Fisik Bali United Susul Eko Purdjianto ke Persis Solo

Kebangkitan Persis Solo juga tak lepas dari dukungan Presiden Joko Widodo yang kala itu masih menjabat sebagai Walikota Solo. Bahkan, dalam beberapa laga di Divisi Satu 2006, Jokowi menyempatkan diri mendukung secara langsung, salah satunya di Gresik.

Kini, Persis Solo kembali bangkit. Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep mengakuisisi saham Persis Solo bersama dua pengusaha, Erick Thohir dan Kevin Nugroho.

Kaesang pun membuat gebrakan dengan memasang target promosi Liga 1. Kaesang menarik dua staf pelatih Bali United, Eko Purdjianto (pelatih kepala) serta Roni Azani (pelatih fisik). Gabung pula mantan pemain Timnas Indonesia, Haryanto "Tommy" Prasetyo.

Gebrakan yang diinisiasi Kaesang Pangarep mendapat apresiasi dari Agung Setyabudi. Dia cukup terkejut ketika Kaesang Pangarep punya keinginan besar memajukan klub sepak bola di Kota Kelahirannya.

"Saya sangat senang ternyata putra pak Jokowi ada respect sama Persis, ingin memajukan Persis. Mumpung ada dana, dia beli saham untuk memajukan Persis," kata Agung Setyabudi, Selasa (6/4).

Agung Setyabudi pun turut mendukung keberadaan Eko Purdjianto. Dia bersama Eko dan Tommy pernah satu tim di Timnas Indonesia pada SEA Games 1999. Kala itu, Agung Setyabudi dkk. mendapatkan medali perunggu.

Menurut Agung, Eko punya modal bagus untuk memegang Persis Solo. Terutama adanya rumor Eko akan membawa sejumlah pemain Bali United ke Persis Solo.

"Dia kan punya pengalaman pegang Bali United, otomatis dia tahu pemain mana yang akan dibawa untuk Persis. Kualitasnya pasti dia sudah tahu," tutur Agung.

Agung pun berharap semua elemen dalam tim satu visi untuk memajukan Persis Solo. sebuah momen langka ketika putra presiden ingin memajukan sebuah tim sepak bola, dalam hal ini Persis Solo.

"Saya harapkan semua elemen bersinergi, jaga kekompakan untuk memajukan Persis. Mumpung sudah ada yang mulai gila bola. Jangan kecewakan mereka," pungkasnya. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)