Bangkitkan Prestasi Wushu, Airlangga Dianggap Mirip dengan IP Man

Andhika PutraAndhika Putra - Kamis, 10 September 2020
Bangkitkan Prestasi Wushu, Airlangga Dianggap Mirip dengan IP Man

BolaSkor.com - Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto, mendapat penghargaan dari Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada Hari Olahraga Nasional (Haornas), Rabu (9/9).

Sepak terjang pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 1 Oktober 1961 ini bukan hanya mampu menjadikan wushu sebagai andalan Indonesia tetapi sifatnya seperti tokoh legenda beladiri kungfu/wushu dalam film IP Man yang sangat digemari masyarakat pecinta film laga.

Semangat berkarya dan memersatukan seperti pada film IP Man 3 di mana sang bintang, Donnie Yen, yang juga praktisi kungfu wushu/wushu wingchun menunjukkan dirinya sebagai pendekar sejati saat menghadapi arogansi Cheung Tin Zhi yang juga praktisi Kungfu/Wushu Wingchun yang berbeda guru dan gaya permainan.

Dalam alur cerita itu, Cheung Thin Zhi berambisi menjadi pendekar Wingchun terhebat di Tiongkok dengan menantang dan mengalahkan banyak master -master beladiri lain dan mengklaim dirinya sendiri pendekar Wingchun sejati dan asli.

Baca Juga:

Jokowi Minta Berpikir Realistis terhadap Target Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20

Menpora Komentari Indonesia Village dan Presiden Diganggu Pebisnis

Tetapi, Donnie Yen menaklukannya tanpa niat permusuhan dan bahkan menganggapnya saudara sealiran. Akhir ceritanya pun cukup menarik dimana Cheung Tin Zhi menyambut niat baik tersebut.

Tercatat selama tiga tahun memimpin PB Wushu Indonesia (sejak 2017), Airlangga Hartarto mampu menjadikan atlet wushu Indonesia meraih prestasi pada ajang event tingkat internasional. Mulai dari SEA Games 2017, Asian Games 2018, dan SEA Games 2019 Filipina.

DI SEA Games 2017, Tim Wushu Merah Putih berhasil memboyong 3 medali emas, 3 perak dan 3 perunggu. Saat itu, Lindswell Kwok berhasil meraih medali emasnya dari nomor Taijijian (jurus pedang).

Di ajang Asian Games 2018 saat Indonesia menjadi tuan rumah, Tim Wushu Indonesia mampu melampaui target perolehan medali dengan berhasil mengumpulkan 5 medali yang terdiri dari satu emas, satu perak, dan tiga perunggu.

Medali emas kembali dikontribusikan oleh atlet senior Lindswell Kwok di nomor taijiquan dan taijijian putri.

Dalam kepemimpinannya, Airlangga Hartanto mengutamakan sports science. “Sports Science itu harus diutamakan dalam pembinaan olahraga Indonesia ke depan. Data-data kompetitor dan statistik perkembangan prestasi atlet itu sangat penting," kata Airlangga Hartarto.

Wushu Indonesia Airlangga Hartanto Breaking News
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan