BolaSkor.com - Timnas Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia 2023. Kepastian ini didapat usai Skuat Garuda menang 7-0 atas Nepal, pada laga pamungkas Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Rabu (15/6) dini hari WIB.

Dalam pertandingan tersebut, Timnas Indonesia tampil dominan. Skuat Garuda sudah unggul pada menit keenam berkat sundulan Dimas Drajad, memanfaatkan umpan Asnawi Mangkualam. Skor 1-0 untuk Timnas Indonesia.

Nepal harus bermain dengan 10 orang usai Suman Ayal mendapat kartu merah pada menit ke-32. Timnas Indonesia berhasil menggandakan kedudukan melalui Witan Sulaeman pada menit ke-43. Skor 2-0 untuk Timnas Indonesia bertahan hingga turun minum.

Baca Juga:

Gelandang Palestina Mohammed Rashid Dukung Timnas Indonesia Lolos Piala Asia 2023

Filipina Dibantai Palestina, Peluang Timnas Indonesia Lolos Piala Asia 2023 Makin Besar

Di babak kedua, Fachruddin Aryanto menambah keunggulan pada menit ke-54, usai menyambar bola hasil sepakan pojok. Skor 3-0 untuk Timnas Indonesia.

Satu menit kemudian, Saddil Ramdani memperlebar keunggulan Skuat Garuda melalui sontekannya, memanfaatkan umpan Muhammad Rafli. Skor 4-0 untuk Timnas Indonesia.

Skor berubah menjadi 5-0 usai Elkan Baggott mencetak gol melalui sepakannya pada menit ke-80. Satu menit kemudian giliran Witan mencetak gol keduanya melalui aksi individu. Skor 6-0 untuk Timnas Indonesia.

Marselino Ferdinan menutup kemenangan Timnas Indonesia pada menit ke-90. Skor 7-0 untuk kemenangan Timnas Indonesia.

Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 setelah finis sebagai runner-up Grup A dengan 6 poin dari 3 laga. Mendampingi Yordania (9 poin) yang menang 3-0 atas Kuwait.

Skuat Garuda menempati posisi kedua runner-up terbaik. Di bawah Kyrgyzstan (7 poin). Di bawah Indonesia ada Malaysia (+4), Thailand (+4), dan Hong Kong (0) yang mengoleksi 6 poin juga, namun kalah selisih gol dari Indonesia (+7).

Timnas Indonesia akhiri penantian 15 tahun lolos ke Piala Asia, setelah terakhir pada tahun 2007. Saat itu, Indonesia menjadi tuan rumah.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia (3-4-3): Nadeo Argawinata; Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Pratama Arhan; Saddil Ramdani, Dimas Drajad, Witan Sulaeman.

Pelatih: Shin Tae-yong