BolaSkor.com - Shayne Pattynama merasa berutang budi pada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Dia bahkan menganggap Iriawan seperti ayah kandungnya.

Shayne mengatakan Iriawan sangat terlibat aktif dalam proses naturalisasinya. Pemain Viking FK itu resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) setelah menjalani sumpah setia di di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia di DKI Jakarta, Selasa (24/1).

"Jadi jika bapak Mochamad Iriawan sudah tidak lagi menjadi Ketua Umum PSSI, dia akan menjadi 'ayah' saya di Indonesia."

"Saya sangat bersyukur beliau sangat membantu saya dalam proses ini. Tanpa beliau, ini akan suli terjadi. Saya berutang budi seluruh hidup saya kepada beliau," kata Shayne Pattyanama.

Sementara itu, Mochamad Iriawan mengaku lega karena proses naturalisasi Shayne Pattynama telah rampung. Dengan bergabungnya Shayne Pattynama, lini belakang Timnas Indonesia diharapkan semakin kuat.

Baca Juga:

Resmi Jadi WNI, Shayne Pattynama Yakin Mendiang Sang Ayah Bangga

Sah Jadi Warga Negara Indonesia, Shayne Pattynama Amunisi Terbaru Timnas

Target Shayne Pattynama di Timnas Indonesia, Rebut Posisi Pratama Arhan sampai Main di Piala Dunia

Shayne Pattyanama yang piawai bermain di posisi bek kiri melengkapi dua kompatriotnya yang sudah terlebih dahulu mendapatkan paspor Indonesia, yaitu Jordi Amat dan Sandy Walsh. Sama seperti Shayne, Jordi dan Sandy juga merupakan pemain belakang.

"Sore hari ini Shayne Pattynama telah resmi menjadi warga negara Indonesia setelah diambil sumpahnya. Alhamdulillah, kami mengucap syukur atas bantuan semuanya. Terima kasih kepada Bapak Presiden juga kepada DPR, Komisi III dan X, kepada Menteri Pemuda dan Olahraga dan semua," ujar Iriawan.

"Tentunya ini yang ditunggu-tunggu oleh kita. Rencananya besok kami langsung mengurus KTP dan paspor. Dua hari ke depan Shayne harus kembali ke Norwegia. Kami akan bersurat ke FIFA untuk pergantian federasi sehingga Shayne bisa bermain untuk timnas kita," pungkas Iriawan.

Shayne Pattynama mulai menjalani proses naturalisasi sejak akhir Mei 2022. Pada November 2022, permohonan naturalisasinya disetujui DPR-RI.

Lalu pada awal Januari 2023, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, melaporkan bahwa Keputusan Presiden (Keppres) terkait perpindahan kewarganegaraan Shayne Pattynama sudah ditandatangani oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Shayne Pattyanama menjadi pemain keempat yang dinaturalisasi PSSI kepengurusan Mochamad Iriawan. Tiga nama sebelumnya adalah Marc Klok, Jordi Amat dan Sandy Walsh.