Bantuan Emiliano Martinez di Balik Gol Penalti Paulo Dybala ke Gawang Prancis

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 21 Desember 2022
Bantuan Emiliano Martinez di Balik Gol Penalti Paulo Dybala ke Gawang Prancis
Paulo Dybala (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Argentina juara Piala Dunia 2022 Qatar usai mengalahkan juara bertahan, timnas Prancis, di final melalui drama adu penalti (4-2) setelah di waktu normal berakhir sama kuat atau imbang 3-3.

Pertandingan final di Lusail Stadium itu layak masuk kategori salah satu final Piala Dunia terbaik sepanjang masa, sebab kedua tim sama-sama tidak mau mengalah dan memberikan segalanya - tidak ada pikiran menjaga kebugaran di tengah berlangsungnya musim 2022-2023 di Eropa.

Tiga gol Argentina dicetak melalui dua gol Lionel Messi dan Angel Di Maria, lalu tiga gol Prancis datang dari satu pemain yakni Kylian Mbappe. Hat-trick Mbappe menjadikannya pemain pertama yang melakukannya di final.

Pada drama adu penalti Argentina punya keunggulan karena pernah melakoninya sebelumnya kontra Belanda di perempat final, sementara Prancis belum. Kiper Argentina Emiliano Martinez juga mampu merusak konsentrasi lawan dengan karakter yang dimilikinya.

Baca Juga:

Tiba di Argentina, Lionel Messi Cs Disambut Lautan Manusia

Rayakan Gelar, Emiliano Martinez Gendong Boneka Bayi Berwajah Kylian Mbappe

Argentina Juara Piala Dunia 2022, Brasil Masih Nomor Satu di Ranking FIFA

Empat eksekutor penalti Argentina menjalankan tugas dengan baik, sementara dua penendang penalti Prancis, Kingsley Coman dan Aurelien Tchouameni, gagal mencetak gol. Argentina menang 4-2 via adu penalti.

Salah satu eksekutor penalti Argentina itu adalah Paulo Dybala. Penyerang AS Roma sedianya tidak dalam kondisi bagus di level klub dan juga kebugaran setelah sempat cedera, tetapi Lionel Scaloni tetap memercayainya.

Dybala menebus kepercayaan itu dengan gol penalti dan tendangan tepat di tengah, membuat Hugo Lloris tertipu. Dybala pun menuturkan rahasia di balik tendangan penaltinya itu dan andil kiper Argentina, Emiliano Martinez, besar.

"Penalti yang dicetak di final ditendang ke tengah berkat saran Emi Martinez. Saya sadar bahwa saya hanya masuk untuk mengambil penalti, jadi saya harus tetap tenang," tutur Dybala dikutip dari Football-Italia.

“Saya butuh beberapa saat untuk sampai ke titik penalti. Saya ingin menendang ke sudut tetapi Emi Martinez mengatakan kepada saya 'Jika mereka meleset, tendang ke tengah karena kiper mereka pasti akan melompat', saya melakukannya dengan baik untuk mendengarkan. Itulah tepatnya yang terjadi," urainya.

Dengan kebiasaan Hugo Lloris melompat terlebih dahulu serta catatan buruk kala menghadapi penalti, plus pengalaman besar kiper seperti Martinez, Argentina pun mampu mengalahkan Prancis.

Prancis Timnas Prancis Argentina Timnas Argentina Paulo Dybala Emiliano Martinez Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan