Banyak Klub Liga 1 dan Liga 2 Meminta Kompetisi Diberhentikan Total

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Jumat, 01 Mei 2020
Banyak Klub Liga 1 dan Liga 2 Meminta Kompetisi Diberhentikan Total
Gede Widiade. (Media Persija)

BolaSkor.com - Presiden Persiba Balikpapan, Gede Widiade, mengaku senang ketika mendapatkan ajakan dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk memberikan saran terkait dengan nasib kompetisi Liga 2 2020 di tengah pandemi Virus Corona (COVID-19).

Pria asal Surabaya itu mengaku banyak tim yang memberikan saran untuk tidak melanjutkan Liga 2 musim ini. Meski begitu, Gede memberikan masukan jika kompetisi dilanjutkan kembali. Harus ada dua hal yang dipertimbangkan oleh PT LIB, yakni segi hukum dan finansial.

Baca Juga:

PT LIB Tunggu Keputusan Resmi FIFA soal Pergantian Lima Pemain

LIB Buka Opsi Turnamen Pengganti Kompetisi, Keputusan Akhir di PSSI

"Banyak tim memang yang saat ini minta kompetisi dihentikan baik dari Liga 1 maupun Liga 2. Tapi sebelum memutuskan liga lanjut apa berhenti, harus melihat dua hal, yakni dasar hukumnya dan finansial," kata Gede kepada awak media.

"Kalau dari hukum, sekarang masih semi-lockdown PSBB (Pembatasan sosial berskala Besar) jadi kan tak bisa kompetisi berjalan. Lalu finansial, siapa yang mampu dalam keadaan seperti ini. LIB masih mampu tidak menyelesaikan keadaan seperti ini dengan subsidinya, sponsor, ticketing," tambahnya.

Gede juga mengaku saat ini saja PT LIB belum mencairkan dana subsidi kepada klub-klub Liga 2. Jadi, ia meminta PT LIB untuk serius memperhatikan masalah finansial sebelum memutuskan nasib kompetisi.

"Usaha saya saja sudah terhambat. Seluruh usaha saya 99 persen tutup. Jadi ambil keputusan jangan sepihak, minta masukan dari klub lalu ambil keputusan. Subsidi kami belum dapat dari termin pertama, kami berharap sebenarnya pencairan diberikan kepada semua klub. Jangan 1, 2, 3 klub saja," pungkas Gede.

Sebagai informasi tambahan, PT LIB sedang meminta saran para klub Liga 1 dan Liga 2 terkait nasib kompetisi. PT LIB memberikan batas waktu hingga hari ini, Jumat (1/5).

Saat ini, Liga 1 dan Liga 2 sedang dihentikan sampai 29 Mei 2020, akibat pandemi Virus Corona. Liga 1 dan Liga 2 bisa kembali berjalan setelah 1 Juli 2020, jika status tanggap darurat Virus Coroona tidak diperpanjang oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Jika tidak, kompetisi akan diberhentikan total. Ada opsi jika kompetisi dibatalkan, yakni mengelar turnamen sebagai pengganti Liga 1 dan Liga 2.

Gede widiade Persiba balikpapan Liga 1 Liga 2 PT Liga Indonesia Baru
Posts

4.871

Bagikan