Banyak Kontroversi, Komite Wasit PSSI Klaim Telah Beri Sanksi

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 23 Februari 2022
Banyak Kontroversi, Komite Wasit PSSI Klaim Telah Beri Sanksi
Ahmad Riyadh, Ketua Komite Wasit PSSI. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - PSSI menegaskan memberi perhatian serius pada kepemimpinan wasit-wasit di kompetisi sepak bola nasional. Banyak keputusan wasit yang kerap dinilai berat sebelah dan tidak sesuai laws of the games.

Tidak sedikit pertandingan yang berakhir ricuh akibat keputusan wasit yang dianggap tidak fair, berat sebelah dan tidak menerapkan peraturan yang ada. PSSI melalui Komite Wasit mengklaim telah menjatuhkan hukuman.

Ahmad Riyadh, Ketua Komite Wasit PSSI, mengatakan pemberian sanksi kepada pengadil lapangan memang tidak disampaikan kepada publik. Dia berdalih keputusan itu sesuai dengan statuta FIFA.

Baca Juga:

Update Persija Jelang Lawan Barito Putera, Kabar Baik untuk The Jakmania

Ketua Komdis Sebut Sanksi untuk Persipura Tidak Akan Matikan Klub

“Untuk sanksi, memang di perwasitan, arahan dari statuta FIFA (keputusannya) tertutup. Kalau memang dia (wasit) bersalah, misal disuap, sudah langsung berhenti. Itu kalau terbukti,” kelit Riyadh ketika ditemui beberapa awak media termasuk BolaSkor.com di ruang kerjanya, Selasa (22/2).

Sosok yang juga Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur tersebut mengaku selalu menggelar evaluasi atas kinerja wasit. Riyadh menegaskan jika evaluasi dilakukan setiap selesai pertandingan.

“Biasanya tiap minggu evaluasi, sekarang tidak bisa lagi. Per pertandingan sekarang. Etalase PSSI ke masyarakat itu timnas dan wasit. Kalau wasitnya jelek, PSSI-nya jelek. Otomatis ini. Begitu juga sebaliknya. Makanya, PSSI tidak boleh konvensional,” jelas Riyadh.

Lebih lanjut mantan Ketua Komite Disiplin dan Ketua Komite Banding PSSI tersebut menambahkan jika federasi selalu mensosialisasikan laws of the games. Riyadh berharap ada satu kesamaan pola pikir terkait aturan yang kerap berkembang tersebut.

“Ini sudah kami bahas tiga bulan yang lalu. Karena laws of the games itu berkembang terus. Jadi harus terkait antara perwasitan, pelatih, pemain. Kami harapkan dari pelatih dapat turun (menyampaikan) ke pemain,” pungkas Riyadh.

Seperti diketahui, dalam beberapa waktu terakhir, kinerja para pengadil lapangan kerap jadi sorotan. Mulai dari tidak jelinya hakim garis dalam menentukan posisi pemain offside atau onside, sampai beberapa keputusan dari wasit utama yang merugikan salah satu klub. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Wasit Pssi Liga 1 Liga 3
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan