Banyak Terobosan, Kejurprov Basket Jakarta 2022 Selesai

Andhika PutraAndhika Putra - Jumat, 07 Oktober 2022
Banyak Terobosan, Kejurprov Basket Jakarta 2022 Selesai

BolaSkor.com - Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) DKI Jakarta 2022 telah mencapai akhir. Turnamen basket antar kelompok umur tersebut melahirkan banyak terobosan baru.

Kejurprov 2022 dimulai sejak 17 September hingga 7 Oktober. Uniknya event ini dilakukan di empat venue berbeda yakni Filari Court Lebak Bulus, Gelanggang Remaja Tj. Priuk (Sunter), GOR Bulungan dan GOR Rawamangun secara serentak.

Milly Gandamustika, selaku Ketua Panitia Kejurprov DKI Jakarta tahun 2022 mengatakan bahwa Kejurprov diputuskan digelar sekarang karena Kejuaraan tingkat kota dan kabupaten se DKI Jakarta telah dilangsungkan sejak Januari 2022 sampai ada yang baru berakhir penyelenggaraannya di bulan Agustus 2022 yang lalu, sehingga Kejurprov ini walau tidak ada Kejuaraan tingkat Nasionalnya, tetap kami putar, untuk mengakomodir adik-adik atlet basket yang telah berprestasi di tiap-tiap kota dan kabupaten untuk juara 1 dan juara 2nya di tiap-tiap Kelompok Umur.

Milly menambahkan bahwa Panitia memberikan salah satu persyaratan adalah tiap-tiap peserta harus memiliki KTP/Kartu Keluarga domisili di DKI Jakarta, dan hal ini rupanya menjadi sedikit kendala bagi beberapa klub yang pada saat mengikuti Kejuaraan tingkat Kota/Kab se DKI Jakarta ada yang tidak mempersyaratkan KTP/KK domisili DKI Jakarta.

“Tantangan muncul Ketika syarat harus KTP/KK domisili Jakarta, dan juga terkait ketatnya jadwal dan informasi pertandingan, sehingga hal-hal seperti ini menjadi perhatian oleh para pelatih, orang tua dan atlet itu sendiri”, ujarnya.

Senada dengan Milly, Irto Rachman selaku Sekretaris Panitia menambahkan bahwa tantangan dan perhatian dari para pelatih dan orang tua yang ada, menjadi informasi aspirasi yang positif bagi panitia dan pengurus PERBASI se DKI Jakarta.

“Prinsipnya karena kami pengurus provinsi baru, melihat beberapa hal yang perlu dilakukan perbaikan, maka kami harus melakukan beberapa terobosan dalam menyiapkan kompetisi, pertandingan dan peraturan-peraturan, ya memang belum sempurna, namun dari game pertama sampai berakhir, banyak sekali hal-hal yang timbul yang memang akan menjadi perbaikan perbaikan kedepannya yang lebih baik”, tambah Irto.

Sebagian besar peserta nyaman bertanding, bermain, suasana pertandingan juga mulai hidup, lagu-lagu atau nada-nada pemberi semangat, serta data statistik pertandingan menjadi acuan dalam standarisasi seleksi pemain ke jenjang berikut.

Tentunya tidak semua tim menjadi juara, hanya tim yang siaplah akan menggapai hasil yang maksimal, dan dengan keikutsertaan 89 tim menjadi milestone tersendiri buat PERBASI DKI Jakarta yang baru pertama kali menggelar kejurprov seperti ini.

Irto mengatakan sesuai pesan dari Ketua Umum PERBASI DKI Jakarta, Lexyndo Hakim, bahwa semua perhatian masukan dari para pelatih, atlet bahkan orang tua harus diperhatikan sebaik-baiknya, kalau ada hal-hal yang tertentu segera lakukan komunikasi, carikan solusi, tentunya semangat sportivitas harus tetap diutamakan, karena ini cabang olahraga.

“Kami perlu sampaikan juga beberapa hal yang perlu mendapat perhatian adalah adanya laporan/ pengaduan tentang pemain yang ditemukan bermain selain di kejuaraan tingkat DKI Jakarta, namun bermain juga di kejuaraan di luarkota Jakarta,” ujar Irto.

“Pemain tersebut langsung disanksi tidak boleh bermain tidak lebih dari 1 hari setelah laporan pengaduan diterima. Namun untuk adanya hal-hal lain atau sanksi lainnya terhadap pihak-pihak terkait, sampai saat ini masih dilakukan proses pemeriksaan dan permintaan keterangan-keterangan dari pihak terkait.”

“Hal ini menjadi pelajaran penting buat kita, kedepannya hal-hal jelek jangan sampai terulang lagi, karena kejurprov tahun 2022 ini juga memiliki terobosan-terobosan baru yang rupanya menimbulkan ketidaknyamanan bagi beberapa kelompok tertentu, karena telah terbiasa dengan aturan atau kebiasaan lama”, tambah Irto.

“Saya ucapkan banyak terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada rekan-rekan Panitia Bersama, yang terlibat dari Pengkot PERBASI Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, atas perannya dalam menyelenggarakan Kejurprov tahun 2022 ini, dan untuk tahun 2023 mendatang, diharapkan dengan evaluasi yang ada, pasti akan terselenggara lebih baik dan sempurna”, kata Milly, yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Pertandingan di PERBASI DKI Jakarta masa bakti 2022-2026.

“Ketua Umum PERBASI DKI Jakarta juga terus mengingatkan panitia bahwa kita ini belum sempurna dalam penyelenggaraannya, oleh karenanya kita stakeholder basket di Jakarta harus ambil peran Bersama untuk wujudkan penyelenggaraan kedepannya yang lebih baik lagi”, ujarnya.

“Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada 89 tim peserta, penonton, pelatih, sponsor, rekan-rekan media social, dan khususnya para orang tua yang telah mengambil peran pada Kejuaraan Bolabasket Tingkat Provinsi DKI Jakarta tahun 2022 ini.”

Breaking News Perbasi Perbasi DKI Jakarta Basket Lexyndo Hakim
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan