Barcelona 1-1 Athletic Bilbao, Munir El Haddadi Selamatkan Blaugrana dari Kekalahan

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 29 September 2018
Barcelona 1-1 Athletic Bilbao, Munir El Haddadi Selamatkan Blaugrana dari Kekalahan
Athletic Bilbao tahan imbang Barcelona dengan skor 1-1 di Camp Nou (Zimbio)

BolaSkor.com - Hat-trick tanpa kemenangan kini dirasakan FC Barcelona di LaLiga. Imbang 2-2 melawan Girona dan kalah 1-2 dari Leganes, Barcelona kali ini ditahan imbang 1-1 oleh Athletic Bilbao di Camp Nou.

Keputusan berani dibuat Ernesto Valverde dengan mencadangkan Sergio Busquets dan Lionel Messi, mengistirahatkan keduanya untuk melawan Tottenham Hotspur di Liga Champions. Posisi Busquets di lini tengah dalam taktik 4-3-3 Barca diisi oleh Sergi Roberto yang bekerja sama dengan Arturo Vidal dan Ivan Rakitic.

Sementara posisi Messi di depan diganti dengan Philippe Coutinho yang menjadi penyerang sayap kiri, bersama dua rekan lainnya di lini depan, Luis Suarez dan Ousmane Dembele. Barcelona bermain seperti biasanya: sarat penguasaan bola dan ofensif. Bilbao hanya mengandalkan serangan balik.

Tim tamu hanya mengandalkan serangan balik, umpan lambung, dan pemanfaatan situasi mati. Namun tiga situasi itu sudah jadi momok bagi pertahanan Barca yang terbuka dan rawan diserang balik. Kecepatan Inaki Williams cukup merepotkan Barcelona.

Belum lagi dengan pergerakan lincah dua pemain di sisi sayap, Markel Susaeta dan Yuri Berchiche. Bilbao mampu membuat Barca frustrasi dengan kekompakan mereka ketika bertahan dan kolektif membangun serangan.

Total delapan tendangan - empat tepat sasaran - yang dilakukan Barca di babak pertama tidak mampu menjebol gawang Unai Simon, kiper Bilbao. Malah, Bilbao yang mencuri keunggulan di Camp Nou melalui gol yang diciptakan Oscar de Marcos di menit 40.

De Marcos naik membantu serangan (melakukan overlap) dan berada di momen yang tepat ketika menyambar bola hasil umpan silang Susaeta. Jordi Alba tidak melihat pergerakan De Marcos. 1-0 Bilbao unggul dan kedudukan ini menutup paruh pertama di pekan tujuh LaLiga.

Di babak kedua Barca tak jua menemukan cara untuk menjebol gawang Bilbao. Valverde tak punya pilihan lain. Busquets, Messi, dan Munir El Haddadi dimasukkannya menggantikan Roberto, Vidal, dan Dembele.

Dampak perubahan itu berbuah positif. Pada menit 83 dua pemain yang masuk di babak kedua, Messi dan Munir, bekerja sama mencetak gol penyama kedudukan Barca. Messi memberi assist kepada Munir yang melakukan sepakan first time. 1-1 Barca menyamakan kedudukan.

Barcelona terus melakukan tekanan dan berharap bisa mencetak gol penentu kemenangan. Akan tapi hingga tiga menit tambahan waktu di babak kedua berakhir, tidak ada lagi gol yang tercipta di Camp Nou. Barca imbang 1-1 melawan Bilbao.

Susunan Pemain:

FC Barcelona (4-3-3): Marc Andre ter Stegen; Jordi Alba, Clement Lenglet, Gerard Pique, Nelson Semedo; Arturo Vidal (Lionel Messi 55'), Ivan Rakitic, Sergi Roberto (Sergio Busquets 50'); Philippe Coutinho, Luis Suarez, Ousmane Dembele (Munir El Haddadi 80')

Athletic Bilbao (4-2-3-1): Unai Simon; Mikel Balenziaga, Inigo Martinez (Peru Nolaskoain 23'), Yeray Alvarez, Oscar de Marcos; Benat Etxebarria (Mikel San Jose 67'), Dani Garcia, Raul Garcia; Yuri Berchiche, Markel Susaeta; Inaki Williams (Aritz Aduriz 79')

Breaking News FC Barcelona Athletic Bilbao Munir El Haddadi Oscar De Marcos LaLiga
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.177

Bagikan