BolaSkor.com - FC Barcelona kembali ke puncak klasemen LaLiga usai meraih kemenangan di pekan 11 melawan Real Valladolid di Camp Nou, Rabu (30/10) dini hari WIB. Blaugrana menang 5-1 melalui dua gol dan dua assists yang diberikan Lionel Messi.

Rotasi pemain dilakukan Ernesto Valverde meski Barcelona rehat lebih lama karena laga El Clasico kontra Real Madrid ditunda akhir pekan lalu. Ansu Fati menggantikan posisi Antoine Griezmann di lini depan, sementara Arturo Vidal mengisi pos yang biasa ditempati Arthur Melo.

Sedangkan Real Valladolid arahan Sergio Gonzalez main dengan taktik 4-5-1, menumpuk lima gelandang di lini tengah untuk menopang Sergi Guardiola, striker tunggal, ketika melakukan serangan balik.

Rencana Valladolid untuk bertahan dan mengandalkan serangan balik sudah gagal terjadi sejak menit kedua laga dimulai. Clement Lenglet, bek Barca, mencetak gol ketika Lionel Messi memberikan assist dari situasi sepak pojok. Barca unggul 1-0.

Barca mendominasi penguasaan bola. Tapi, Valladolid bermain efisien memanfaatkan peluang ketika mencetak gol penyama kedudukan di menit 15.

Berawal dari situasi tendangan bebas, Kiko Olivas mampu memanfaatkan kecerobohan lini belakang Barca dan kelengahan Marc-Andre ter Stegen untuk mencetak gol. Olivas menyambar bola dan mengubah kedudukan jadi 1-1.

Belum genap 30 menit laga berlangsung, Barca sudah kembali unggul dengan memanfaatkan penguasaan bola yang mereka miliki. Lagi, Messi memberi assist dengan visi dan operannya yang jitu. Kali ini, La Pulga melambungkan bola ke kotak penalti Valladolid, melewati bek-bek lawan, dan bola disambar Vidal yang bergerak dari lini kedua. 2-1 Barca kembali unggul.

Messi benar-benar tengah on fire di laga ini. Usai memberi dua assists, megabintang asal Argentina mencetak gol sendiri di menit 34 melalui tendangan bebas. Sepakannya sempurna dan eks kiper Barca, Jordi Masip, tak dapat berbuah banyak mencegahnya. 3-1 Barca unggul dan skor ini bertahan hingga paruh pertama berakhir.

Di babak kedua torehan gol Barcelona bertambah. Real Valladolid sudah bermain cukup baik dan berani lebih inisiatif menguasai bola, namun, perbedaan kualitas individu, plus dukungan suporter tuan rumah, menyulitkan Valladolid untuk kembali mencetak gol.

Barcelona vs Real Valladolid

Masuknya Pablo Hervias dan Enes Unal di babak kedua, menggantikan Anuar Mohamed dan Oscar Plano, tak mengubah situasi ketertinggalan untuk Valladolid. Malah, Barca mencetak dua gol tambahan dalam kurun waktu dua menit di menit 75 dan 77.

Gol di menit 75 dicetak oleh Messi setelah menerima umpan dari Ivan Rakitic, yang baru masuk di menit 60 menggantikan Frenkie de Jong. Lalu dua menit setelahnya gol dicetak Suarez kala menerima assists ketiga dari Messi di pertandingan ini. 5-1 Barca kian menjauh.

Selepas gol Suarez tidak ada lagi gol yang tercipta di paruh kedua di Camp Nou ini. Barcelona menang telak 5-1 atas Real Valladolid dan kembali ke puncak klasemen LaLiga.

Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Jordi Alba (Sergi Roberto 78'), Clement Lenglet, Gerard Pique, Nelson Semedo; Frenkie de Jong (Ivan Rakitic 60'), Sergio Busquets, Arturo Vidal; Ansu Fati (Antoine Griezmann 63'), Luis Suarez, Lionel Messi.

Pemain Cadangan: Neto, Sergi Roberto, Ivan Rakitic, Jean-Clair Todibo, Antoine Griezmann, Carles Alena, Carles Perez.

Pelatih: Ernesto Valverde

Real Valladolid (5-4-1): Jordi Masip; Nacho (Mohammed Salisu 32'), Federico Barba, Joaquin Fernandez, Kiko Olivas, Pedro Porro; Waldo Rubio, Anuar Mohamed (Pablo Hervias 53'), Michel, Oscar Plano (Enes Unal 66'); Sergi Guardiola.

Pemain Cadangan: Andriy Lunin, Antonito, Mohammed Salisu, Enes Unal, Pablo Hervias, Jorge De Frutos, Roben Alcaraz.

Pelatih: Sergio Gonzalez