BolaSkor.com - Laporan terbaru dari observatorium sepak bola, CIES, mengungkapkan sejumlah tim yang paling banyak menggunakan pemain muda. Hasilnya, Barcelona dan Arsenal masih di deretan teratas.

Secara khusus, badan pengelolah angka yang berbasis di Swiss itu memberi peringkat tim dari 72 divisi teratas di seluruh dunia menurut usia rata-rata susunan pemain yang diturunkan di laga liga sejauh ini.

Angka tersebut kemudian dikombinasikan dengan persentase menit bermain yang diberikan pada pemain yang belum menginjak usia 21 tahun selama pertandingan tersebut.

Baca Juga:

4 Perselisihan Panas Pelatih Vs Presiden Klub di Barcelona

Hasil Laga Liga-liga Eropa: Napoli ke Puncak Klasemen, Barcelona Lupa Caranya Menang

Dua Kartu Merah untuk Barcelona, Ronald Koeman Marah-marah

Ketika berbicara soal lima liga top Eropa saja, posisi pertama menjadi milik AS Monaco yang memiliki rata-rata usia tim 24,31 tahun sejauh musim ini bergulir. Menurut laporan itu, 14,2 persen menit yang dimainkan pemain Monaco pada musim ini adalah dari mereka yang berasal di bawah 21 tahun.

Saat ini, Monaco memang dihuni sejumlah pemain muda berbakat seperti Myron Boadu, Sofiane Diop, Anthony Musaba, dan Aurelien Tchouamen. Monaco bergabung dalam lima besar bersama Saint-Etienne dan Brest dengan rata-rata usia 24,74 tahun dan 24,75 tahun. Pada sisi lain, Marseille (24,81 tahun), Reims (24,88 tahun), dan Nice (24,94 tahun) memastikan ada enam klub perancis dalam 10 besar.

Sementara itu, Arsenal yang dikenal sebagai gudang pemain muda juga menjadi satu di antara yang terbaik. Berdasarkan data CIES, The Gunners memiliki usia rata-rata 25,01 tahun. Laporan tersebut juga mengatakan Arsenal memberikan kesempatan 11 persen menit tampil di liga pada pemain di bawah usia 21 tahun.

Barcelona juga tidak mau kalah. Dengan keputusan Ronald Koeman yang memberikan jam terbang lebih pada pemain jebolan La Masia, Barca mencatatkan persentase menit bermain pada angka 22,7 persen. Angka itu membuat Barca menempati peringkat kedua dalam lima liga top Eropa.

Pada sisi lain, 89 dari 1.041 tim yang disurvei belum menurunkan pemain di bawah 21 tahun sejauh musim ini bergulir termasuk Juventus, Atletico Madrid, Newcastle United, Burnley, dan West Ham United. Hal yang sama juga berlaku untuk duo Jerman, Wolfsburg dan Eintracht Frankfurt, serta juara Skotlandia, Rangers.