BolaSkor.com - Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, mengambil tanggung jawab penuh usai kalah 3-1 dari Real Madrid. Xavi menilai, jika ada satu sosok yang patut disalahkan itu adalah dirinya.

Barcelona tampil loyo ketika menghadapi Real Madrid pada laga lanjutan LaLiga 2022-2023, di Stadion Santiago Bernabeu, Minggu (16/10). Ketika Madrid mendulang tiga gol melalui Karim Benzema (12'), Federico Valverde (35'), dan Rodrygo (90+1, P), Barca hanya satu kali membalas lewat Ferran Torres (83').

Kekalahan ini melanjutkan periode negatif Barcelona. Sebelumnya, Barcelona menelan satu kekalahan dan satu imbang dari Inter Milan pada ajang Liga Champions.

Melihat kondisi saat ini, Xavi mengakui jika semua adalah tanggung jawabnya sebagai pelatih. Xavi tidak mau menyalahkan para pemain.

Baca Juga:

Kejayaan Real Madrid di El Clasico dan Fakta Menarik Lainnya Pasca Melawan Barcelona

Real Madrid Vs Barcelona: Membedah Kekuatan Setiap Lini

Real Madrid 3-1 Barcelona: Menangi El Clasico, Los Blancos ke Puncak

"Begitulah sepak bola. Sekarang, kami harus memulihkan diri untuk menghadapi laga berikutnya," ungkap Xavi pada laman resmi Barcelona.

"Saya tidak akan pernah menyalahkan pemain. Hal semacam itu tidak akan terjadi. Saya adalah kapten dari kapal ini dan harus bertanggung jawab," jelasnya.

Xavi menilai, ada beberapa faktor yang membuat Barcelona kalah dari Madrid pada El Clasico kali ini. Satu di antara yang mencolok adalah kematangan dalam bermain. Sebab, dari sisi peluang, Barcelona tidak kalah berbahaya.

"Menurut saya, Madrid tidak lebih unggul dari sisi intensitas. Namun, mereka punya kedewasaan dalam bermain," nilai Xavi.

"Mereka tahu cara bermain lebih baik dari kami. Mereka adalah tim yang solid dan dewasa daripada kami saat ini," ujar Xavi.

Kekalahan membuat Barcelona lengser ke posisi kedua klasemen sementara. Robert Lewandowski dan kawan-kawan terpaut tiga poin dari Madrid yang ada di puncak klasemen.