Barcelona Jadikan Frenkie de Jong sebagai Pemain Belanda Termahal Sepanjang Masa

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 24 Januari 2019
Barcelona Jadikan Frenkie de Jong sebagai Pemain Belanda Termahal Sepanjang Masa
Frenkie de Jong (Foto: @jmbartomeu)

BolaSkor.com - Opera sabun Frenkie de Jong akhirnya berakhir. Bukan Paris Saint-Germain (PSG), Manchester City, Real Madrid, atau Juventus, melainkan FC Barcelona yang sukses mendapatkan gelandang berusia 21 tahun itu.

Dilansir dari laman resmi Barcelona, Blaugrana - julukan Barca - merekrutnya dengan mahar total mencapai 86 juta euro plus durasi kontrak lima tahun yang menahannya hingga tahun 2024.

"FC Barcelona dan Ajax (Amsterdam) telah mencapai kesepakatan untuk transfer gelandang, Frenkie de Jong, yang akan bergabung dengan klub Catalunya dari 1 Juli 2019," bunyi pernyataan di laman resmi Barcelona.

"Banderol operasi transfer sebesar 75 juta euro, plus tambahan 11 juta euro dengan variabel lainnya. Pemain akan teken kontrak untuk lima musim berikutnya, sampai musim 2023-24. Presiden Josep Maria Bartomeu dan CEO Oscar Grau terlibat langsung menutup kesepakatan di Amsterdam."

Baca Juga:

Kronologi Transfer Kilat Kevin-Prince Boateng ke Barcelona

Barcelona akan Mendapatkan Target PSG dan Manchester City

Frenkie de Jong: Barcelona Klub yang Indah

Frenkie de Jong resmi gabung Barcelona per musim 2019-20

Cara Barca merekrut De Jong seperti halnya Chelsea yang membeli Christian Pulisic dari Borussia Dortmund. Kedua pemain itu dikonfirmasi pada bursa transfer musim dingin ini, namun baru akan bergabung dengan klub baru di musim panas mendatang.

Mahar 86 juta euro itu menjadikan De Jong sebagai pemain termahal sepanjang masa asal Belanda. Di bawah De Jong ada: Virgil van Dijk (84,4 juta euro), Marc Overmars (40 juta euro), Arjen Robben (36 juta euro), dan Memphis Depay (34 juta euro). Overmars juga direkrut Barcelona dari Arsenal pada tahun 2000.

De Jong sejauh ini sudah memainkan 68 laga dengan Ajax, mencetak enam gol, dan memberikan 12 assists. Dia juga telah mengemas lima caps dengan timnas Belanda. Pada tahun 2017 De Jong membantu Ajax lolos ke final Liga Europa.

CEO Ajax, Edwin van der Sar, turut senang atas kepindahan De Jong ke Barcelona. Apalagi jika mengingat tradisi bagus pemain-pemain asal Belanda di Barcelona. Legenda Manchester United itu mendoakan yang terbaik untuk De Jong.

Frenkie de Jong bersama Presiden Barcelona dan staf Ajax Amsterdam

"Hari yang sibuk di kantor, tapi kepindahan yang bagus untuk Frenkie de Jong karena dia pergi ke klub yang fantastis seperti Barcelona untuk musim depan," cuit Van der Sar di @vdsar1970.

"Pemahaman yang bagus di antara dua tim besar Eropa dengan filosofi dan budaya untuk mengembangkan pemain (muda). Sekarang fokus di Ajax untuk menyelesaikan musim."

"Selamat Barcelona atas keberhasilan merekrut Frenkie de Jong. Kami berbagi filosofi dan budaya di antara dua klub hebat. Jadi, tolong jaga dia di musim baru nanti," tambah Van der Sar.

Bagi yang belum mengetahui De Jong, permainan produk akademi Willem II menyerupai legenda Barcelona, Xavi Hernandez. Diberkahi kemampuan teknik yang bagus, De Jong memiliki akurasi operan yang bagus dan visi bermain top. Dia bisa ditempatkan sebagai gelandang bertahan atau pengatur serangan di lini tengah.

Breaking News Ajax amsterdam Barcelona FC Barcelona Bursa transfer Frenkie de Jong
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.170

Bagikan