Barcelona, Juventus, dan PSG Terancam Sanksi UEFA

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 23 Agustus 2022
Barcelona, Juventus, dan PSG Terancam Sanksi UEFA
UEFA (Twitter)

BolaSkor.com - UEFA siap kembali menegakkan aturan Financial Fair Play (FFP) yang sempat ditangguhkan karena adanya pandemi virus corona. Kondisi ini membuat sejumlah klub besar terancam menerima sanksi.

Regulasi FFP pertama kali diterapkan UEFA pada musim 2011-2012. Tujuan aturan ini adalah untuk membatasi pengeluaran klub anggota yang bisa berdampak menuju kebangkrutan.

Sederet klub sempat terjerat masalah karena regulasi ini. Hukumannya pun beranekaragam dari mulai denda, larangan transfer, hingga absen dari kompetisi Eropa.

Baca Juga:

UEFA Resmikan Aturan Baru Pengganti FFP

Bocoran Format Baru UEFA Financial Fair Play

Terkait Kontroversi Kerusuhan di Final Liga Champions, UEFA Lakukan Penyelidikan

UEFA memberi kelonggaran regulasi FFP khusus untuk musim 2020-2021. Pandemi virus corona yang menyerang dunia memaksa hampir semua kompetisi tertunda.

Kondisi ini membuat klub-klub kehilangan pendapatan dalam jumlah besar. Regulasi FFP pun akan semakin memberatkan mereka.

UEFA kemudian mengeluarkan kebijakan darurat dengan mengizinkan kerugian maksimal sebesar 30 juta euro selama tiga tahun ke depan. Sementara dana terkait penangan virus corona dan pengeluaran lain termasuk sepak bola wanita serta tim akademi dihapuskan.

Kini setelah dua tahun berlalu, UEFA siap kembali menegakkan aturan FFP untuk musim 2020-2021. Menurut laporan The Times, setidaknya ada 10 klub besar dari Premier League, LaLiga, Serie A, dan Ligue 1 yang terancam sanksi.

Barcelona, Juventus, dan Paris Saint-Germain (PSG) termasuk di antaranya. Klub-klub lain yang juga terancam hukuman adalah Arsenal, Inter Milan, AS Roma, dan Olympique Marseille.

Masuknya Barcelona dan PSG dalam daftar ini tidak terlalu mengejutkan. Blaugrana dikenal memberikan gaji tinggi kepada para bintangnya dan kini membuat mereka memiliki utang yang menggunung.

Sementara PSG dikenal hobi menghambur-hamburkan uang untuk mendapatkan pemain incaran. Kini Les Parisiens bahkan memiliki trio lini depan berbahaya dalam diri Neymar, Kylian Mbappe, dan Lionel Messi.

Di sisi lain, Juventus dikenal sebagai klub yang sangat berhati-hati di bursa transfer. Namun kedatangan Cristiano Ronaldo pada musim panas 2018 tampaknya menimbulkan masalah besar dalam neraca keuangan mereka.

Menarik melihat sanksi apa yang akan diberikan UEFA kepada klub-klub bermasalah tersebut. Bukan tidak mungkin adanya hukuman ambil bagian di Liga Champions seperti yang nyaris dialami kepada Manchester City.

UEFA Barcelona Paris Saint-Germain Juventus Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan