BolaSkor.com - Barcelona mulai bangkit dari keterpurukan secara finansial. Marca melaporkan, Barcelona melego sebagian dari hak siarnya untuk mendapatkan pemasukan lebih banyak.

Kepemimpinan Josep Maria Bartomeu banyak menghadirkan masalah bagi Barcelona. Bartomeu dikabarkan tidak pandai dalam mengatur pengeluaran. Walhasil, Barcelona memiliki banyak utang yang harus dilunasi.

Kini, Joan Laporta berupaya mengatasi masalah tersebut. Ia sadar, sebelum Barcelona berprestasi di dalam lapangan, faktor finansial perlu diperbaiki terlebih dahulu.

Baca Juga:

Barcelona Minta Tukar De Jong dengan Maguire, Manchester United Tegas Menolak

Terlalu Mendewakan Tiki Taka, Barcelona Hidup di Masa Lalu

Manchester United dan Barcelona Siap Bertemu Bahas Transfer Frenkie de Jong

Kali ini, jalan yang ditempuh adalah dengan menjual sebagian hak siar. Klub asal Catalan itu mengatakan Sixth Street yang bergerak di bidang investasi akan mengucurkan 207,5 juta euro dengan imbalan 10 persen dari hak TV klub liga Spanyol selama 25 tahun ke depan.

Barcelona menganggap, kesepakatan itu adalah langkah maju untuk meningkatkan sumber keuangan klub dan membuat tim kembali kompetitif.

Dari transaksi itu, Barcelona berpeluang mendapatkan total keuntungan sebesar 267 juta euro hanya untuk musim ini saja.

"Kami mengaktifkan tuas ekonomi dan menjalankan strategi yang sabar, berkelanjutan, dan efisien untuk memperkuat pijakan keuangan klub," kata presiden klub, Joan Laporta.

"Sixth Street adalah pendukung sepak bola yang terbukti, investor berpengalaman di seluruh olahraga dan media global, dan mitra yang akan menyumbangkan pengetahuan dan sumber daya yang signifikan sambil memungkinkan kami untuk mengelola operasi kami secara mandiri."

Tidak berhenti sampai di situ, Barcelona juga berupaya mengurangi pengeluaran dari gaji pemain. Barcelona terbuka dengan pilihan melego Frenkie de Jong ke Manchester United untuk memangkas beban gaji. Sebab, De Jong merupakan satu di antara pemain dengan upah tertinggi.

Selain itu, sejumlah pemain yang tidak masuk dalam rencana juga siap dilepas. Satu di antaranya adalah Clement Lenglet yang akan menuju Tottenham Hotspur dengan status pinjaman plus opsi tebus.