BolaSkor.com - Juara La Liga dan Copa del Rey, FC Barcelona, masih belum terlihat bergerak aktif di bursa transfer musim panas. Satu-satunya momen yang sudah terjadi adalah perpanjangan kontrak Samuel Umtiti hingga tahun 2023, dengan klausul pembelian mencapai ... 500 juta euro.

Akan tapi, bukan berarti Barca tidak mengincar satupun pemain untuk menambah kualitas bermain tim asuhan Ernesto Valverde. Mereka tetap memantau sejumlah pemain di Eropa. Satu di antaranya adalah gelandang berusia 21 tahun Ajax Amsterdam, Frenkie de Jong.

Pemain kelahiran Arkel, 12 Mei 1997 dapat bermain di banyak posisi dari bek tengah, gelandang bertahan, gelandang tengah, hingga gelandang serang. De Jong diberkahi kemampuan mendribel bola serta mengopernya dengan akurasi tinggi. Jika ditempatkan sebagai gelandang bertahan, De Jong pantas disebut deep-lying playmaker laiknya Michael Carrick, Andrea Pirlo, dan Xabi Alonso.

Tipikal bermainnya 'sangat' Barcelona sekali. Sejak Xavi Hernandez hengkang dari Barca tiga tahun lalu, klub Catalunya ini tidak pernah lagi memiliki pengoper handal, hingga cenderung mengandalkan Lionel Messi yang belakangan bertindak sebagai playmaker.

De Jong musim ini memiliki akurasi operan rata-rata 92 persen dengan jarak rata-rata operannya berjarak 16 meter. Dia telah tampil 26 kali di seluruh kompetisi dengan torehan satu gol dan sembilan assists. Talentanya itu membuat klub-klub Eropa memantaunya.

Barca pun tak mau kalah cepat dari klub lainnya. Sebagaimana dilansir AS (11/6), Barcelona menyiapkan mahar 30-35 juta euro untuk mendatangkan De Jong dari Ajax. Pembicaraan serius di antara kedua pihak akan berlangsung pekan ini.

Pep Segura, General Manager Barca, beserta Robert Fernandez, Sektretaris Teknik Barca, merupakan pengagum De Jong. Gelandang timnas Belanda U21 itu dianggap sebagai investasi jangka panjang yang tepat dalam proyek berkepanjangan Barcelona.