Barcelona Tak Butuh Wasit untuk Sukses di Masa Lalu

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 14 Maret 2023
Barcelona Tak Butuh Wasit untuk Sukses di Masa Lalu
Barcelona (Twitter)

BolaSkor.com - Badai masalah terus menerjang FC Barcelona di musim ini. Belum usai sorotan kepada finansial klub pasca merekrut banyak pemain di awal musim, kini Blaugrana - julukan Barcelona - dituding dengan skandal besar.

Jaksa penuntut pada akhir pekan lalu menuntut Barcelona terkait skandal suap wasit. Barcelona dituding membayar Jose Maria Enriquez Negreira sebesar 7 juta euro pada 2001 dan 2018.

Barcelona pun meresponsnya dengan menilai pembayaran kepada Negreira karena laporan teknik wasit. Skandal itu membuat heboh Eropa khususnya di Spanyol, di mana fans menuntut keadilan dan Barcelona jadi sasaran kritik.

Kontra Athletic Bilbao, fans Bilbao melemparkan uang palsu ke lapangan pertandingan sebagai bentuk sindiran kepada Barcelona. Geram melihat tudingan dan sorotan kepada Barcelona, Gerard Pique angkat bicara.

Baca Juga:

Terjerat Kasus Suap Wasit, Barcelona Masih Bisa Lepas dari Hukuman

Athletic Bilbao 0-1 Barcelona: Sambutan Tak Ramah Publik San Mames

Barcelona Dituduh Suap Wasit, Ernesto Valverde Berikan Pembelaan

Presiden LaLiga Malu dengan Barcelona Terkait Tudingan Skandal Suap Wasit

Mantan bek timnas Spanyol itu menegaskan di masa lalu Barcelona tak perlu 'dukungan' wasit untuk sukses. Pique hanya bisa percaya kepada Barcelona meski ia juga kesal dengan segala macam tudingan tersebut.

"Saya menaruh tangan saya di api (dengan yakin mengutarakan) bahwa Barca tidak membeli wasit. Jika ingin membeli wasit, semudah memberinya amplop berwarna hitam. Anda tidak pergi ke wakil presiden Komite Teknis Wasit. Tidak ada logika untuk itu. Kami terbiasa dengan konspirasi dan tudingan sejak saat ini," tutur Pique dikutip dari Goal.

"Sebanyak mereka ingin menodainya, ini adalah era keemasan, bukan lagi apa yang kami menangkan tetapi bagaimana kami memenangkannya. Mereka bisa meninjau semuanya. Kami jauh, jauh lebih unggul."

"Kami tidak bergantung pada wasit. Saya akan melewatinya dan melanjutkan ke yang berikutnya. Memang benar kejaksaan terlibat, tapi saya percaya klub," tegas Pique yang pensiun bermain di musim ini.

Menanggapi bayaran Barcelona kepada Negreira untuk laporan pemain muda dan sikap wasit, Pique menambahkan bahwa ia sama sekali tidak tahu mengenai hal tersebut.

"Kami tidak tahu bahwa klub membayar pria ini. Para pemain, terutama kami yang sudah bertahun-tahun berada di sini, sudah tahu tentang wasit, tapi ada baiknya pelatih, terutama yang datang dari luar, memiliki laporan ini. Sebagai pemain, saya tidak tahu apakah itu pekerjaan pria ini," urai Pique.

Barcelona FC Barcelona Gerard Pique
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan