BolaSkor.com – Kemenangan 4-1 atas Deportivo Alaves di Stadion Camp Nou, Sabtu (21/12) membuat Barcelona menjadi tim yang tidak terkalahkan di kandang mereka ketika bermain di La Liga tahun 2019 ini.

Sampai dengan saat ini, di bawah asuhan Ernesto Valverde, Lionel Messi dan kawan-kawan telah mencatatkan 19 pertandingan di laga kandang. Memilai pertandingan pada 13 Januari 2019 dan berhasil meraih kemenangan 3-0.

Dari 19 pertandingan tersebut, hanya dua tim yang mampu mencuri poin ketika bermain di kandang Blaugrana. Kedua tim itu ialah Valencia yang bermain imbang 2-2 pada 2 Februari dan Real Madrid, 0-0 pada 18 Desember lalu.

Baca Juga:

Ernesto Valverde: Real Madrid Biasanya Menyulitkan di Camp Nou

5 Kejadian Kontroversial Sepanjang Sejarah El Clasico

Barcelona (AFP)

Secara keseluruhan, tim asuhan Valverde ini berhasil mencetak 49 gol selama kurun waktu tersebut, sementara mereka hanya kebobolan sebanyak 14 gol. Selain itu, Lionel Messi juga mencapai 50 gol dalam satu tahun kalender enam tahun berturut-turut setelah berhasil mencetak satu gol ke gawang Alaves.

Dari 54 poin yang kemungkinan didapatkan pada 2019 ini, Barcelona berhasil mengamankan 50 poin ketika bermain di kandang sendiri. Bahkan dari presentase tersebut, Barcelona berhasil meraih gelar La Liga 2018-19, serta berpeluang untuk bisa menjadi juara paruh musim pada tahun 2019 ini.

Namun hasil tersebut sangat berbanding terbalik dengan catatan mereka ketika bermain di kandang lawan. Dari 20 laga yang mereka mainkan di La Liga, 10 kali menang, enam hasil imbang dan empat kali kekalahan. Terakhir, mereka bermain imbang 2-2 menghadapi Real Sociedad di kandangnya.

"Kami datang dari pertandingan yang sangat intens pada hari Rabu dan ketika Anda membuatnya 2-0, tampaknya ada celah yang penting, tetapi saya tidak berpikir begitu. Kami sadar bahwa Alaves dapat menyakiti kami. Kami pergi dengan perasaan yang baik, karena kami tahu liga masih panjang," kata Ernesto Valverde seperti dilansir Marca.

Kemenangan atas Alaves membawa Barcelona meraih 39 poin di LaLiga, tiga poin di atas penantang terdekat mereka Real Madrid, yang akan menghadapi Athletic Bilbao pada Minggu (22/12) waktu setempat. Terakhir kali Bilbao merasakan kemenangan di kandang Madrid adalah Februari 2005. Sejak itu, dalam 14 pertandingan di Bernabeu, Bilbao meraih satu poin dalam hasil imbang 1-1 musim lalu.