BolaSkor.com - Masalah datang silih berganti menerpa Barcelona jelang melakoni musim 2020-2021. Terbaru, Blaugrana terancam tampil tanpa Lionel Messi saat melakoni El Clasico jilid I kontra Real Madrid, bulan depan.

Messi memang telah membatalkan niatnya untuk pergi dari Barcelona. Ia juga sudah kembali mengikuti latihan pramusim dan tampil di dua laga uji coba.

Faktor non teknis menjadi alasan Messi terancam absen tampil di El Clasico. Situasi ini masih berkaitan dengan pandemi virus corona.

Baca Juga:

Batal ke Juventus, Luis Suarez Kini Diburu Atletico Madrid dan PSG

Jawaban Presiden Inter Milan soal Transfer Lionel Messi

Peran Baru Lionel Messi dan Phil Coutinho dalam Taktik 4-2-3-1 Ronald Koeman di Barcelona

Lionel Messi

Barcelona dijadwalkan menjamu Real Madrid pada pekan ketujuh LaLiga 2020-2021, 25 Oktober mendatang. Namun dua pekan sebelumnya, Messi berpeluang tampil membela Timnas Argentina pada laga pembuka kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dalam jangka waktu tersebut, Argentina akan memainkan dua laga krusial. Tim Tango dijadwalkan menjamu Ekuador pada 8 Oktober dan bertandang ke markas Bolivia, lima hari kemudian.

Meski baru awalan, nampaknyan sulit bagi Messi untuk menolak panggilan Timnas Argentina. Apalagi ajang Piala Dunia 2022 nampak akan menjadi turnamen terakhirnya di level internasional.

Masalahnya, pemerintah Spanyol menerapkan aturan isolasi mandiri selama dua pekan bagi orang yang baru tiba dari Amerika Selatan. Jika aturan ini berlaku untuk Messi, maka pemain berusia 33 tahun itu akan absen tiga laga termasuk kontra Madrid.

FIFA memang sempat melonggarkan kewajiban klub melepas pemainnya untuk memenuhi panggilan timnas di masa pandemi. Mereka berhak menolak andai ada ancaman untuk melakukan isolasi secara mandiri.

Namun pelonggaran ini hanya berlaku sampai bulan September. Federasi sepak bola dunia nampaknya akan segera mengeluarkan kebijakan baru untuk menanggulangi polemik ini.