Barcelona Tidak Hanya Tentang Bermain Ofensif

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 27 Februari 2022
Barcelona Tidak Hanya Tentang Bermain Ofensif
Barcelona (Twitter)

BolaSkor.com - Sejarah besar Barcelona sudah terukir dengan DNA sepak bola ofensif pengembangan dari total football Belanda. Bermain ofensif ada pada DNA mereka dan sudah ditanamkan sejak akademi (La Masia).

Tak usah heran apabila Barcelona pernah merajai Eropa dan dunia dengan permainan itu, dikembangkan dengan nama tiki-taka ala Pep Guardiola, dan kemudian pelatih silih berganti masuk dan Barcelona tetap bermain ofensif.

Dalam masa transisi pasca sukses dengan Frank Rijkaard, Pep Guardiola, dan Luis Enrique, Barca menemui kesulitan karena tak semua pelatih Barca memahami filosofi itu dan membawa ide bermainnya masing-masing.

Perlahan, permainan Barca kembali di tangan Xavi, legenda Barcelona yang paham betul DNA klub. Tapi Xavi menjelaskan bahwa bermain ofensif bukan satu-satunya hal yang dipahami Barcelona, tetapi juga ada counter attack alias serangan balik.

Baca Juga:

Gerard Pique: Jati Diri Barcelona Telah Kembali

Waspada Madrid! Xavi Tegaskan Barcelona Belum Menyerah Kejar Juara LaLiga

Menang Meyakinkan Lawan Napoli, Xavi Bantah Barcelona Favorit Juara Liga Europa

Pada Februari serangan balik Barca itu membantu klub bangkit di LaLiga dan juga di laga Liga Europa melawan Napoli.

"Real Madrid mengalahkan kami dengan serangan balik di satu laga, tetapi kami juga melakukan hal yang sama kepada Napoli. Itu juga menjadi bagian dari DNA kami," terang Xavi sebagaimana dikutip dari Marca.

"Saya ingat (Hristo) Stoichkov mencetak gol melawan pertahanan tinggi dan (David) Villa, dan (Thierry) Henry. Itulah sepak bola, ruang yang kami manfaatkan."

Xavi juga senang Barcelona sukses merekrut Adama Traore, Ferran Torres, dan Pierre-Emerick Aubameyang pada Januari 2022. Kedatangan mereka membantu Barca dalam mengejar target musim ini.

“Tanpa pemain baru, kami tidak akan mencapai tujuan kami,” tambah Xavi. Auba tidak mengejutkan saya karena dia selalu menjadi pencetak gol terbanyak," imbuh Xavi.

“Torres adalah pemain yang luar biasa, dengan pekerjaan yang dia bawa dan bagaimana dia bermain untuk tim. Kita berbicara tentang pemain level tinggi. Dia adalah pemain yang paling mengejutkan saya. Dia luar biasa."

"Adama mengejutkan saya dengan pengambilan keputusannya, yang telah meningkat belakangan ini," urai Xavi.

Breaking News Xavi Barcelona FC Barcelona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan